Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Hiburan Jadi Profesi, Mobile Game Masuk Tren Ekonomi Kreatif di 2024

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo memaparkan, terdapat empat tren sektor ekonomi kreatif

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Hiburan Jadi Profesi, Mobile Game Masuk Tren Ekonomi Kreatif di 2024
Istimewa
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo memaparkan, terdapat empat tren sektor ekonomi kreatif pada tahun 2024, yaitu Audio Visual, Mobile Game, Musik, dan Kolaborasi.

"Untuk tren dari ekonomi kreatif adalah audio visual, yang kita tahu bagaimana generasi muda ini dekat sekali dengan konten creating, ini akan semakin menguat karena banyaknya platform yang bisa diakses oleh generasi muda," ujar Angela dikutip Sabtu (23/12/2023).

Angela juga menilai pada tahun 2024 ada transformasi mobile game dari hiburan menjadi profesi. Saat ini pemerintah pun sedang menyusun Peraturan Presiden (Perpres) yang ditargetkan akan selesai akhir tahun 2023. Perpres ini merupakan bukti keberpihakan pemerintah terhadap pengembangan industri game di tanah air.

Baca juga: Arsjad Rasjid: XVG Talents Momentum Angkat Kearifan Budaya Lokal untuk Industri Kreatif

"Kita melihat bahwa sekitar 25 triliun market game di Indonesia, tetapi lebih dari 99 persen adalah game asing, kita di sini terus melakukan agar bagaimana game-game Indonesia yang bisa dimainkan oleh pemain game lokal kita, juga semakin mendunia," tutur Angela.

Angela berujar, Kemenparekraf berupaya membangun ekosiste game lokal. Sehingga tak hanya menghasilkan pemain hebat, tetapi juga menyiapkan infrastrukturnya agar game lokal bisa menjadi esport tourism. Menurut Angela, Kemenparekraf terus mendorong pengembangan industri game tanah air dengan berkolaborasi dengan developer game untuk memperkuat ekosistem industri game Indonesia.

"Baru-baru ini saya bertemu dengan developer game, kami ingin berkolaborasi untuk menguatkan ekosistem game dan juga infrastrukturnya. Jadi game ini bisa jadi esport tourism. Maka, akan banyak wisatawan pemain pemain game ini yang datang ke Indonesia untuk bisa menikmati Indonesia, dan mereka pasti follower-nya banyak dengan engagement yang tinggi, jadi ini kita bisa manfaatkan untuk mempromosikan Indonesia," tutur Angela.

Berita Rekomendasi

Begitu juga dengan tren musik yang akan terus berkembang di tahun 2024, karena adanya platform baru para pemusik untuk berkreasi. Oleh karena itu, Kemenparekraf akan terus mendorong agar para musisi dapat memproteksi IP mereka.

Baca juga: RPP Berdampak Buruk ke Industri Kreatif, Dian Gemiano: Potensi Pendapatan Hilang Rp 250 Miliar

Dan yang terakhir, adalah kolaborasi menuju kemajuan. Kolaborasi terus dilakukan antar subsektor untuk menghasilkan nilai tambah produk ekonomi kreatif, misalnya subsektor film dengan kuliner, atau fesyen dengan film.

Lebih lanjut, Wamenparekraf menyampaikan bahwa Kemenparekraf/Baparekraf telah menyusun strategi pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan prinsip produktif, inklusif, dan berkelanjutan.

“Tiga prinsip ini yang akan diturunkan dalam berbagai rencana Program Kerja Tahun 2024," imbuh Angela.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas