Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Studi Green Shooot Radar, Tahun 2024 Sebanyak 46 Persen Orang Indonesia Lebih Berusaha Menabung

Sebanyak 46 persen responden di Indonesia itu akan menabung antara 10-29 persen dari pendapatan bulanan mereka.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Studi Green Shooot Radar, Tahun 2024 Sebanyak 46 Persen Orang Indonesia Lebih Berusaha Menabung
freepik
Ilustrasi tabungan. Sebanyak 46 persen responden di Indonesia itu akan menabung antara 10-29 persen dari pendapatan bulanan mereka. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Studi Green Shooot Radar yang dikeluarkan Visa yang melacak sentimen konsumen di berbagai sektor menemukan, tahun 2024 ini, selain berniat untuk membelanjakan lebih banyak uang, responden juga berniat lebih banyak menabung.

Di Indonesia, 46 persen responden berniat untuk lebih berusaha menabung dan jumlah ini lebih tinggi daripada rata-rata regional Asia Pasifik yang hanya 36 persen.

"Di seluruh wilayah Asia Pasifik, lebih dari 60 persen responden menyisihkan hingga 30 persen pendapatan mereka untuk ditabung," kata Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman dalam paparan tertulis, Rabu (4/1/2024).

Baca juga: Tour de Bank Kenalkan Fungsi Menabung Bagi Siswa SD, 79.627 Pelajar Ikuti Program Literasi Keuangan

Survei online terhadap 700 konsumen di Indonesia pada bulan Mei hingga Juni 2023 dilakukan dengan responden pria dan wanita berusia 18-65 tahun.

"Sebanyak 46 persen responden di Indonesia itu akan menabung antara 10-29 persen dari pendapatan bulanan mereka," kata Riko.

Dikatakan, temuan survei responden di Indonesia lebih banyak yang mengalami peristiwa yang membawa perubahan besar dalam hidupnya (life event) dibandingkan dengan rata-rata regional.

BERITA REKOMENDASI

"Membeli mobil baru adalah life event yang paling umum dialami di sebagian besar pasar di Asia Pasifik, termasuk 13 persen konsumen Indonesia. Lebih dari separuh responden di Asia Pasifik berencana untuk membelanjakan lebih banyak uang selama setahun ke depan. Di Indonesia, angka ini mencapai 59 persen," katanya.

Temuan menarik dalam survei itu adalah Konsumen masih akan terus melakukan perjalanan ke dalam dan luar negeri untuk menghadiri konser musik pada tahun 2024.

Di periode pascapandemi, berbagai acara offline seperti konser atau pertandingan olahraga semakin marak dan semakin banyak pula orang yang melakukan perjalanan untuk menghadirinya.

Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun 2024, didorong oleh penampilan artis populer, pertunjukan teater, musikal dan acara olahraga.

"Bangkitnya traveling khususnya untuk acara-acara musik adalah tren yang positif. Dalam perjalanan lintas batas konsumen, kartu sebagai metode pembayaran memainkan peran penting dengan menyediakan cara yang aman dan terjamin untuk membeli tiket dengan pengalaman pembayaran nirsentuh," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas