Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pikap Listrik VinFast Mejeng di CES 2024, Jadi Pesaing Cybertruck yang Bisa Melibas Semua Medan

VinFast mengusung konsep midgate yang memungkinkan pemilik memperluas bak belakang hingga ke dalam kabin sekitar 2,5 meter.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Pikap Listrik VinFast Mejeng di CES 2024, Jadi Pesaing Cybertruck yang Bisa Melibas Semua Medan
HO
VinFast mengusung konsep midgate yang memungkinkan pemilik memperluas bak belakang hingga ke dalam kabin sekitar 2,5 meter. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, LAS VEGAS – Tak mau kalah dengan perusahaan otomotif lainnya, pabrikan mobil asal Vietnam, VinFast ikut mejeng di ajang pameran teknologi terbesar di dunia CES 2024 dengan membawa kendaraan pikap berbasis elektrik yang disebut VF Wild.

Melansir dari The Verge, mobil konsep listrik Vinfast VF Wild memiliki panjang 5.324 mm dan lebar 1.997 mm, diklaim sebagai mobil pikap dengan bak terpanjang di kelasnya.

Ini karena VinFast mengusung konsep midgate yang memungkinkan pemilik memperluas bak belakang hingga ke dalam kabin sekitar 2,5 meter.

Pada interior bagian dasbor didominasi oleh satu layar pusat berukuran cukup besar. Tampak pula beberapa tombol kontrol pengemudi diletakan di samping setir.

Baca juga: VinFast Bangun 125 Dealer di AS Tahun Depan

Sementara untuk tampilan luar, pikap listrik VinFast terlihat gagah gagah dan agresif dengan lampu penerangan yang dibuat ramping serta skid plate yang cukup besar.

Uniknya, Pikap VinFast ini tidak memiliki gagang pintu melainkan menggunakan satu sentuhan tombol untuk membuka pintu mobil. Begitu pun dengan desain kaca spion yang sengaja di desain modern.

BERITA TERKAIT

VF Wild juga mengintegrasikan atap kaca panoramik dan kaca spion digital untuk meningkatkan aerodinamis. VF Wild dibuat karena terinspirasi dari gerakan mengalir jubah pahlawan super yang tertiup angin. Kata 'Wild' sendiri menginterpretasikan kemampuannya untuk melibas berbagai medan, termasuk lintasan off-road.

Sayangnya dalam ajang pameran ini, VinFast masih enggan mengungkap spesifikasi dari pikap listrik VF Wild. Namun banyak pengunjung yang berspekulasi bahwa mesin tersebut akan menggunakan pengaturan motor ganda untuk penggerak semua roda dengan jangkauan setidaknya mencapai 402 km.

Kendati mobil listrik ini masih sebatas konsep, akan tetapi apabila VinFast benar – benar merilis VF Wild kemungkinan mobil listrik ini akan menjadi pesaing utama dari sejumlah kompetitor di kelas truk pikap listrik, seperti Tesla Cybertruck, Ford F-150 Lightning, Chevrolet Silverado EV, hingga Rivian R1T.

Lebih lanjut dalam pameran akbar yang digelar di Las Vegas itu, VinFast turut memamerkan SUV listrik VF3 yang diklaim memiliki konfigurasi empat tempat duduk dapat menempuh jarak maksimal 201 kilometer dalam sekali pengisian daya.

Demi memanjakan pengendara, VinFast VF3 dilengkapi sistem infotainment dengan layar 10 inci yang sudah terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

VinFast sebelumnya telah resmi mendaftarkan mobil listrik VF3 di pasar Asia termasuk Indonesia, namun belum ada informasi lebih lanjut terkait harga yang dibanderol untuk SUV listrik ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas