Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jumlah Pengguna LRT Jabodebek Naik 14 Persen Jadi 1,19 Juta Orang, Ini Penyebabnya

Peningkatan jumlah pengguna sangat dipengaruhi oleh faktor penambahan perjalanan dan perpanjangan waktu layanan operasional.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Jumlah Pengguna LRT Jabodebek Naik 14 Persen Jadi 1,19 Juta Orang, Ini Penyebabnya
Instagram/@lrt_jabodebek
Jumlah pengguna kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek tercatat sebanyak 1.190.973 orang. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jumlah pengguna kereta Light Rail Transit (LRT) Jabodebek tercatat sebanyak 1.190.973 orang atau bertambah 14 persen pada Januari 2024, dibandingkan bulan Desember 2023 yaitu sebesar 1.029.686 orang.

Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono mengatakan, penambahan jumlah pengguna seiring dengan penambahan jumlah perjalanan dan perpanjangan waktu operasional layanan LRT Jabodebek yang diberlakukan mulai 16 Januari hingga 14 Februari lalu.

"Bahkan jika kita bandingkan dengan bulan November, pertumbuhannya bisa mencapai 25 persen, dimana pada bulan tersebut jumlah pengguna LRT Jabodebek tercatat sebanyak 890.728 pengguna," kata Mahendro dalam keterangannya, Jumat (16/2/2024).

Baca juga: Promo LRT Jabodebek: Tarif Jarak Dekat Cuma Rp 3.000, Berlaku hingga 29 Februari 2024

Mahendro mengatakan bahwa peningkatan jumlah pengguna ini, memang sangat dipengaruhi oleh faktor penambahan perjalanan dan perpanjangan waktu layanan operasional.

Tercatat, pada periode tersebut jumlah pengguna terbanyak dalam 1 hari terjadi pada Rabu, 7 Februari 2024 dengan sebanyak 57.667 pengguna yang menggunakan layanan LRT Jabodebek.

"KAI menilai bahwa trend peningkatan jumlah pengguna LRT Jabodebek akan berlanjut seiring dengan semakin meningkatnya kepercayaan publik akan keandalan moda transportasi yang belum genap 1 tahun beroperasi ini," terangnya.

BERITA REKOMENDASI

Seperti diketahui, KAJ telah melakukan penambahan jadwal perjalanan dan perpanjangan jam operasional LRT Jabodebek mulai 16 Januari lalu. Hal ini dilakukan guna mengakomodir dan menjawab kebutuhan pengguna LRT Jabodebek.

Melalui penyesuaian ini, jadwal perjalanan LRT Jabodebek meningkat menjadi 264 perjalanan pada hari kerja (weekday) dan 240 perjalanan pada akhir pekan, hari libur nasional, maupun cuti bersama yang ditetapkan pemerintah (weekend).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas