Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Airlangga Klaim Simulasi Program Makan Siang Gratis Dibiayai Pemkab Tangerang

Airlangga Hartarto mengklaim Pemkab Tangerang sendiri mengajukan diri secara sukarela untuk menjalankan simulasi program makan siang gratis.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Airlangga Klaim Simulasi Program Makan Siang Gratis Dibiayai Pemkab Tangerang
Endrapta Pramudhiaz
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan anggaran simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Kamis (29/2/2024) kemarin dibiayaiPemerintah Kabupaten Tangerang.

Dia bilang Pemkab Tangerang sendiri mengajukan diri secara sukarela untuk menjalankan simulasi program ini.




"Anggaran ini dari Pak Bupati (Pj Bupati Tangerang Andi Ony). Namanya volunteer, itu siapa yang mau mencoba program ini duluan," kata Airlangga di lokasi simulasi, Kamis (29/2/2024).

Airlangga menegaskan, pemerintah membuka kesempatan kepada semua pihak yang ingin secara sukarela menggelar simulasi serupa.

Adapun dalam peninjauan ini, Airlangga mengatakan dirinya juga melihat kalau di masing-masing kelas, sudah disediakan dispenser untuk mengisi ulang minum para siswa.

"Jadi saya lihat di kelas udah ada bottle dispenser. Kemudian para siswa itu membawa tumblr dan juga kotak makan, di mana kotak makan itu diisi di kantin sini dengan berbagai menu," ujar Airlangga.

BERITA TERKAIT

Menurut Ketua Umum Partai Golkar itu, jenis makanan yang disediakan mempunyai gizi yang cukup dalam bentuk kalori maupun protein.

Airlangga mengatakan, di simulasi ini dapat terlihat bagaimana program makan siang gratis bisa dilaksanakan di sekolah.

Program makan siang gratis ini disebut juga melibatkan UMKM, serta menu gizi makanannya terjaga dan higienis.

Berikut makanan-makanan yang ada di setiap menu, beserta nilai dan sumber zat gizinya:

DAFTAR MENU 1

1. Nasi 1 mangkuk (150 gram). Nilai gizi terdiri dari energi sebesar 194 Kkal dan protein 3,99 gram. Sumber zat gizi adalah karbohidrat.

2. Ayam goreng tepung 1 potong (50 gram). Nilai gizi terdiri dari energi sebesar 140 Kkal dan protein 4 gram. Sumber zat gizi adalah protein hewani.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas