Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pemerintah Pusat Akan Revitalisasi Terminal Giwangan Yogyakarta, Menhub: Ini Komitmen Presiden

Kemenhub akan merevitalisasi Terminal Tipe A Giwangan Yogyakarta untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pemerintah Pusat Akan Revitalisasi Terminal Giwangan Yogyakarta, Menhub: Ini Komitmen Presiden
dok. Kemenhub
Terminal Tipe A Giwangan Yogyakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan merevitalisasi Terminal Tipe A Giwangan Yogyakarta untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan, pemerintah berkomitmen untuk merevitalisasi seluruh terminal di wilayah Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan layanan angkutan jalan.

Sehingga menurutnya, terminal bus kedepan tidak hanya menjadi tempat naik turun penumpang saja. Namun juga memiliki fungsi lain seperti perkantoran, tempat tinggal, hotel, pusat perbelanjaan, pusat pelayanan masyarakat, serta terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

"Presiden Jokowi telah berkomitmen untuk merevitalisasi terminal-terminal di Indonesia untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat," ujar Menhub Budi saat meninjau Terminal Tipe A Giwangan Yogyakarta, Senin (11/3/2024).

Rencananya, revitalisasi Terminal Giwangan akan dilakukan melalui dua tahap. Pentahapan ini dimaksudkan untuk menjamin pelayanan terminal tetap bisa berjalan untuk masyarakat.

Baca juga: Waskita Rampungkan Proyek Revitalisasi Gedung Bukit Asam Senilai Rp 106 Miliar

Kemudian, beberapa pekerjaan yang dilakukan pada tahap I antara lain persiapan dan pendahuluan, renovasi bangunan pada bagian sisi selatan, mekanikal dan elektrikal lantai II, serta penataan jalur bus double decker.

BERITA TERKAIT

Selanjutnya, beberapa pekerjaan yang akan dilakukan pada tahap II antara lain persiapan dan pendahuluan, renovasi bangunan pada sisi tengah dan utara, mekanikal dan elektrikal, serta pemagaran terminal.

Baca juga: Kemenhub Bakal Revitalisasi Terminal Cicaheum

Sebelumnya, Menhub Budi juga menyatakan pihaknya akan memperindah (Beautifikasi) stasiun kereta api bersejarah yaitu Stasiun Klaten Jawa Tengah dan Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.

"Selain melestarikan bangunan stasiun, beautifikasi juga dilakukan untuk mengedepankan kenyamanan pelanggan. Ruang tunggu serta sirkulasi naik dan turun penumpang akan dioptimalkan," ujar Menhub Budi dalam keterangannya, Senin.

Kedepan, kata Menhub Budi kegiatan mempercantik dan memperindah stasiun juga akan dilakukan di Stasiun Cirebon, Solo Balapan, Solo Jebres, serta Solo Kota.

"Mudah-mudahan kita bisa bersama-sama PT KAI merevitalisasi dan mempercantik sejumlah stasiun di Indonesia," tutur dia.

Caption: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Terminal Tipe A Giwangan Yogyakarta, Senin (11/3/2024)

DOK BKIP

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas