Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Puluhan UMKM Dapat Hibah Alat Tepat Guna untuk Tembus Pasar Ekspor

Pertamina menyalurkan hibah alat teknologi tepat guna kepada 28 UMKM senilai total Rp 690 juta

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Puluhan UMKM Dapat Hibah Alat Tepat Guna untuk Tembus Pasar Ekspor
Tribun Jogja/Taufik Syarifudin
Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memberikan hibah alat teknologi tepat guna kepada 28 UMKM senilai total Rp 690 juta yang didistribusikan secara bertahap mulai akhir 2023 untuk mendorong UMKM naik kelas dan go global.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyatakan, UMKM adalah urat nadi dan penopang perekonomian daerah dan nasional, sehingga pemberian dukungan ini dapat memacu pertumbuhan UMKM serta meningkatkan ekonomi keluarga dan masyarakat.

“Kami konsisten melakukan upaya pengembangan UMKM melalui program pelatihan, pameran, dan bantuan alat hibah teknologi, agar para pelaku usaha dapat menghasilkan produk-produk yang berdaya saing tinggi, sehingga memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan produk yang berorientasi pada ekspor,” kata Fadjar dalam keterangannya, Selasa (12/3/2024).

Hibah teknologi diberikan kepada para Champion UMK Academy Pertamina tahun 2023 dan 10 besar peserta Pertapreneur Aggregator.

Bantuan alat tersebut seperti mesin jahit, mesin potong, mesin diesel, mesin cetak pelet, alat pengolah makanan, penggiling kopi, dan peralatan produksi lainnya.

Melihat dari manfaat program UMK Academy, Fadjar menambahkan, Pertamina akan membuka program UMK Academy 2024 untuk menjaring UMKM-UMKM baru.

Baca juga: Pelaku UMKM Didorong Tingkatkan Ekspor Komoditas RI di BNI Exporters Forum

BERITA TERKAIT

“Antusiasme dari Mitra Binaan Pertamina untuk selalu meningkatkan kualitasnya sangat tinggi. Kami berharap tahun ini semakin banyak UMKM naik kelas bahkan mampu go global berekspansi ke pasar internasional,” jelasnya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas