Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

25 PSN Sektor Perhubungan Sudah Selesai, Menhub: 4 Proyek Bakal Rampung Tahun Ini

Meski begitu, masih ada empat proyek lagi yang ditargetkan akan rampung di tahun ini meliputi proyek pengembangan pelabuhan Sorong

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Sanusi
zoom-in 25 PSN Sektor Perhubungan Sudah Selesai, Menhub: 4 Proyek Bakal Rampung Tahun Ini
Nitis Hawaroh/Tribunnews.com
Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi dalam acara Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Hotel Park Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, sebanyak 25 dari 35 Proyek Strategis Nasional (PSN) terdiri dari 11 di sektor laut, 7 di sektor udara dan 7 di sektor perkeretaapian telah rampung dikerjakan periode 2020-2024.

Meski begitu, masih ada empat proyek lagi yang ditargetkan akan rampung di tahun ini meliputi proyek pengembangan pelabuhan Sorong, pengembangan pelabuhan Benoa (BMTH), double track Jawa Selatan dan KA logistik Lahat-Kertapati.

"Kementerian perhubungan sudah mencapai 82 persen yaitu 25 project sudah selesai 7 di udara, 7 di kereta api, 11 di pelabuhan, dan empat project akan selesai pada tahun ini. Dan masih ada dua project yang mungkin harus selesai atau diselesaikan tahun depan," kata Menhub Budi dalam acara Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Hotel Park Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2024).

Baca juga: Seloroh Jokowi soal Pindah Partai Mana usai Sudah Tak Dianggap PDIP: Pindah ke Pelabuhan

Berdasarkan paparannya, sebanyak enam proyek ditargetkan bakal rampung setelah tahun 2024 yaitu LRT segmen Velodrome - Manggarai, MRT Jakarta East-West, MRT Jakarta North, infrastruktur KA logistik Kalimantan Timur, pembangunan Pelabuhan Palembang Baru dan pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Muaro Jambi.

Menhub Budi turut meminta bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyoal isu pertanahan untuk pembangunan PSN yang ditargetkan rampung tahun ini maupun tahun depan.

"Saya mohon dukungan dari Pak Wamen KLHK karena ini terkait dari perkataan tanah ya. Saya tidak mengatakan apa-apa minta tolong pak, ya. Saya pikir di sini banyak yang minta tolong sama Pak Menteri KLHK itu juga, saya pikir semua pasti setuju," tutur Menhub Budi.

BERITA TERKAIT

Sebelumnya mengutip Kompas, sebanyak 21 dari 35 proyek strategis nasional (PSN) sektor transportasi periode 2020-2024 telah rampung dikerjakan. Sementara itu, 9 PSN ditargetkan akan selesai pada 2023-2024 dan 5 PSN selesai di atas tahun 2024.

Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto mengatakan, 21 PSN yang telah rampung itu terdiri dari 5 proyek bandara, 6 proyek kereta api, dan 10 proyek pelabuhan.

"21 itu selesai konstruksi. Komposisinya 5 udara, 6 kereta api, dan 10 laut," ujarnya saat Jumpa Pers Akhir Tahun 2023 Kemenhub di Gedung Kemenhub, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Rinciannya untuk 5 bandara yang telah beroperasi yaitu Bandara Baru Yogyakarta Kulon Progo, Bandara Lombok Praya Nusa Tenggara Barat (NTB), Bandara Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT), Bandara Siboru Fakfak Papua Barat, dan Bandara Nabire Baru Papua.

Baca juga: Transportasi Penyumbang Utama Inflasi April 2024, Mendagri Minta Kemenhub Turunkan Harga Tiket

Sementara 2 bandara yang masuk dalam PSN transportasi periode yang sama namun belum selesai dikerjakan ialah Bandara Raja Haji Abdullah Tanjung Balai Karimun dan Bandara Kediri Jawa Timur.

"Pembangunan Bandara Kediri ini insya Allah bisa dioperasikan sesegera mungkin dan konstruksi sudah 100 persen. Kalibrasi juga sudah dijalankan. Jadi tinggal menunggu koordinasi antara pihak operator dalam hal ini Angkasa Pura I nanti bersama-sama dengan airline," ucapnya.

Sementara 7 PSN kereta api yang belum rampung pada periode ini ialah MRT Jakarta North-South dan East-West Fase I, LRT Jakarta segmen Velodrome-Manggarai, double track Jawa Selatan Bogor-Sukabumi dan Mojokerto-Sepanjang, KA Rantau Prapat-Kota Pinang, KA Logistik Lahat-Kertapati, serta infrastruktur KA Logistik Kalimantan Timur.

"Di atas tahun 2023 ada 5 pekerjaan PSN mostly adalah kereta api," kata Novie.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas