Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pabrik Petrokimia Milik Chandra Asri Pacific di Ciwandan Tutup Sementara, Ada Apa?

Pabrik petrokimia milik PT Chandra Asri Pacific Tbk yang berlokasi di Ciwandan, Banten, dikabarkan tutup untuk sementara waktu.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in Pabrik Petrokimia Milik Chandra Asri Pacific di Ciwandan Tutup Sementara, Ada Apa?
HO
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) resmi telah mengubah nama perseroan menjadi PT Chandra Asri Pacific Tbk. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pabrik petrokimia milik PT Chandra Asri Pacific Tbk yang berlokasi di Ciwandan, Banten, dikabarkan tutup untuk sementara waktu.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Urusan Korporat Chandra Asri Group, Suryandi menjelaskan, pihaknya saat ini tengah menjalankan Turnaround Maintenance (TAM), alias pemeliharaan fasilitas terjadwal.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan EBT, Chandra Asri Jajaki Kerja Sama dengan Perum Jasa Tirta II

Adapun, proses pemeliharaan ini dimulai pada 7 Mei 2024 dan diperkirakan akan berlangsung sekitar 55 hari.

"Pemeliharaan terjadwal ini merupakan bagian rutin dari proses bisnis dan operasional kami untuk memastikan keandalan fasilitas dalam memenuhi permintaan produk petrokimia di dalam negeri," papar Suryandi dalam keterbukaan informasi, dikutip Sabtu (18/5/2024).

"Kami juga senantiasa mengutamakan keselamatan dan kesehatan pegawai serta masyarakat di sekitar wilayah operasional dalam proses TAM ini serta memastikan kepatuhan kami terhadap ketentuan yang ditetapkan oleh otoritas dan regulator," sambungnya.

Baca juga: Chandra Asri Kantongi Pendapatan Bersih 2,15 Miliar USD di 2023

Suryandi membeberkan, proses TAM melibatkan tim yang terlatih dan berpengalaman dari internal dan luar perusahaan, serta mengimplementasikan standar keselamatan dan prosedur operasional yang ketat.

BERITA TERKAIT

Proses pemeliharaan juga turut melibatkan peninjauan dan perbaikan berbagai komponen kritis pabrik.

Sehingga, lanjut Suryandi, hal ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja fasilitas produksi Chandra Asri Group di masa mendatang.

Baca juga: Bertemu Investor, Chandra Asri Tekankan Investasi Berkelanjutan

Kegiatan TAM kali ini juga mencakup proses integrasi fasilitas baru dengan fasilitas yang sudah ada untuk mendukung rencana perusahaan dalam ekspansi dan pengembangan bisnis ke depan yang kehadirannya nanti turut memperkuat kemandirian industri dalam negeri.

Selain itu, beberapa inisiatif terkait dengan keberlanjutan juga akan diimplementasikan dalam TAM kali ini, salah satunya dalam pemanfaatan energi baru terbarukan melalui pemasangan solar rooftop fase ketiga.

Hal ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjaga keberlanjutan operasional serta efisiensi penggunaan energi.

"Dengan komitmen kuat terhadap keselamatan, keandalan, dan keberlanjutan operasi, Chandra Asri Group memastikan bahwa proses pemeliharaan ini dilaksanakan dengan profesionalisme tinggi demi menjaga reputasi perusahaan sebagai pemimpin dalam industri kimia Indonesia," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas