Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis
Tujuan Terkait

Lebih dari 850 Perempuan Pengusaha Kecil Dapat Dampak Positif dari SEED 4 Women

Program SEED 4 Women merupakan bentuk komitmen Mercy Corps Indonesia dan Citi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Sanusi
zoom-in Lebih dari 850 Perempuan Pengusaha Kecil Dapat Dampak Positif dari SEED 4 Women
HO
kegiatan “Diseminasi Praktik Baik dan Pembelajaran Program SEED 4 Women” yang diselenggarakan oleh Mercy Corps Indonesia dengan dukungan penuh dari Citi Foundation. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program SEED 4 Women memberikan pembelajaran positif dan dampak signifikan terhadap peningkatan keuntungan usaha kepada lebih dari 850 peserta perempuan pengusaha kecil dan 68 Agen Laku Pandai di Kabupaten dan Kota Malang.

Executive Director dari Mercy Corps Indonesia Ade Soekadis menyampaikan, program ini telah menambah lapangan pekerjaan baru sebesar 17 persen, meningkatkan akses terhadap layanan keuangan melalui agen lembaga keuangan formal/agen laku pandai sebesar 55 persen.

Selain itu, juga meningkatkan akses terhadap investasi berupa emas sebesar 55 persen, meningkatkan penggunaan dompet digital untuk usaha sebesar 58%, dan meningkatnya akses terhadap permodalan usaha sebesar 34%.

Baca juga: Wanita Tangguh Ini Bisa Jadi Pengusaha Sukses Berkat Holding Ultra Mikro BRI

"Program tiga tahun yang didukung Citi Foundation dan Citi Indonesia, memang sasaran kita bisa memberdayakan perempuan pengusaha di Indonesia," ujar Adi di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Hal ini disampaikan dalam kegiatan “Diseminasi Praktik Baik dan Pembelajaran Program SEED 4 Women” yang diselenggarakan oleh Mercy Corps Indonesia dengan dukungan penuh dari Citi Foundation.

Pertama, menurut Adi, Mercy Corps Indonesia fokus agar mereka bisa menambah pengetahuan, terutama untuk meningkatkan literasi keuangan dan memahami soal inklusi keuangan. Kemudian, memberikan penambahan pengetahuan keterampilan untuk berbisnis.

"Sehingga bisa mengembangkan omzet mereka. Ini sudah tahun terakhir dimulai awal 2022 hasil kerja sama kita didukung oleh Citi dengan berbagai lembaga pemerintah," katanya.

BERITA TERKAIT

Director & Country Head of Public Affairs Citi Indonesia Puni Ayu Anjungsari menyampaikan, program ini memang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan bagi perempuan pengusaha, terkhusus di Malang. Sebab, di Malang dari sisi jumlah kewirausahaan perempuan cukup tinggi.

"Selama tiga tahun kami bangga melihat progress yang luar biasa dari mereka. 850 lebih perempuan kita bantu di Malang dan mereka bisa merasakan manfaatnya. Kami juga senang ketika tahu bahwa ternyata pengetahuan soal keuangan dapat bermanfaat bagi usaha mereka, dan mereka juga dapat mengakses jasa keuangan maupun produk keuangan," kata Puni.

Selain itu, Puni berharap dengan adanya program ini, perempuan Indonesia bisa lebih diberdayakan sehingga dapat tercipta Indonesia Emas 2045. "Mereka harus kita bantu dan kita dorong supaya memiliki kontribusi yang lebih nyata," tambahnya.

Program SEED 4 Women merupakan bentuk komitmen Mercy Corps Indonesia dan Citi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pemberdayaan perempuan, dan peningkatan literasi serta keterampilan para perempuan pemilik usaha di Malang, Jawa Timur.

Selaras dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif yang mendorong pertumbuhan ekonomi, kegiatan diseminasi ini didukung oleh Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (SDNKI).

Menurut Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia/Kepala Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) Ferry Irawan Program SEED 4 Women sangat berkontribusi terhadap upaya peningkatan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia.

"Penerima manfaat dari program ini secara konkret telah meningkat pengetahuannya dalam pengelolaan keuangan usaha, selain itu mereka juga berhasil mengakses layanan keuangan melalui jaringan agen," terangnya.

Halaman
12

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas