Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jadi Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono Ditugaskan Genjot Investasi

Basuki Hadimuljono diangkat menjadi Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) usai Bambang Susantono mengundurkan diri.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Sanusi
zoom-in Jadi Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono Ditugaskan Genjot Investasi
Endrapta Pramudiaz/Tribunnews.com
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono diangkat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) usai Bambang Susantono mengundurkan diri.

Basuki mengungkap sejumlah tugas yang dibebankan kepada dirinya bersama Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.

Ia dan Raja Juli diminta menangani soal investasi yang kerap terkendala status tanah yang belum jelas.

Baca juga: Jokowi Buka Suara soal Mundurnya Kepala dan Wakil Otorita IKN: Pembangunan Terus Berlanjut

Karena berkaitan dengan status tanah, maka Raja Juli lah yang ditunjuk menjadi Plt Wakil Kepala Otorita IKN, mengingat ia juga menjabat sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

"Yang masih perlu dipercepat adalah yang investasi tadi semuanya karena status tanah yang belum jelas dan juga kerja sama yang belum jelas. Untuk itu kami tugasnya khusus percepatan tadi," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Ia kemudian mengisyaratkan bahwa pembangunan IKN tak akan terdampak usai Bambang dan wakilnya, Dhony Rahajoe, mundur dari Otorita IKN.

BERITA REKOMENDASI

Dia bilang, pembangunan IKN tahap 1 dan 2 yang didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sudah masuk 80 persen.

Presiden Jokowi pun disebut akan menginap di IKN bukan lagi dengan cara berkemah, tetapi di rumah menteri.

"Justru kalau sekarang dari APBN sudah masuk 80 persen pembangunan batch 1 maupun 2. Nanti Pak Presiden mau ke IKN, menginapnya bukan di camping lagi, tetapi sudah di rumah jabatan menteri, menunjukan bahwa ini sudah siap. Itu yang dari APBN," ujar Basuki.

Baca juga: Teka-teki alasan pengunduran diri Kepala Otorita IKN dan delapan hal yang perlu diketahui

Sebelumnya pada hari yang sama, Basuki diangkat menjadi Plt Kepala Otorita IKN, sedangkan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni diangkat sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN.

"Presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai PLT Kepala Otorita IKN dan juga mengangkat Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN sebagai Wakil Otorita IKN," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Pratikno mengatakan, Presiden Jokowi berharap Basuki dan Raja yang statusnya sebagai Plt, dapat segera menjamin percepatan pembangunan IKN sebaik-baiknya dengan visi semula.

Yakni, kata Pratikno, tetap konsisten pada rencana Nusa Rimba Raya dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat sekitar juga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas