Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Indra Karya Garap Bendungan Sepaku Semoi, Jadi Sumber Air Baku untuk IKN Nusantara

Bendungan Sepaku Semoi akan memasok air baku di kawasan IKN dengan kapasitas sebesar 2.000 liter per detik.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Indra Karya Garap Bendungan Sepaku Semoi, Jadi Sumber Air Baku untuk IKN Nusantara
HO
Bendungan Sepaku Semoi akan memasok kebutuhan air bersih ke Ibu Kota Negara Nusantara, berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur. bendungan ini memiliki kapasitas sebesar 2.000 liter per detik dan untuk Balikpapan sebesar 500 liter per detik. 

TRIBUNNEWS.COM – Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan Bendungan Sepaku Semoi yang akan memasok kebutuhan air bersih ke Ibu Kota Negara Nusantara, berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan Bendungan Sepaku Semoi dibangun sejak 2020 dan rampung pada 2024.

“Kita segera resmikan Bendungan Sepaku Semoi yang telah dimulai pengerjaannya tahun 2020 dan selesai di tahun 2024,” ujar Presiden di acara peresmian, Selasa (4/6/2024).

Baca juga: Anggota DPR Sebut Temuan BPK Soal IKN Perlihatkan Masih Sepinya Peminat dari Swasta

Bendungan Sepaku Semoi memiliki beragam manfaat bagi ketersediaan air untuk Ibu Kota Nusantara dengan memiliki kapasitas tampung sebesar 16 juta meter kubik, luas genangan 322 hektare, yang dapat menjadi sumber air baku dan air minum untuk Ibu Kota Nusantara dan sebagian kota Balikpapan.

"Bendungan ini akan memiliki kapasitas tampung 16 juta meter kubik, dengan luas genangan 322 hektare. Ini akan menjadi sumber air baku, air minum di Ibu Kota Nusantara dan juga sebagian untuk Kota Balikpapan” lanjutnya.

Acara ini juga dihadiri Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora, Vice President Operation and Business Development Gagah Guntur Aribowo, General Manager Divisi Engineering I Yuli Astuti, serta tim pelaksana pekerjaan Supervisi Penyempurnaan dan Penataan Kawasan Bendungan Sepaku Semoi-Indra Karya.

Gok Ari mengatakan, Bendungan Sepaku Semoi merupakan salah satu bendungan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikelola oleh Kementerian PUPR dan Indra Karya berperan sebagai konsultan supervisi untuk pelaksanaan Penyempurnaan serta Penataan Kawasan Bendungan Sepaku Semoi.

BERITA TERKAIT

"Kami berharap agar pasca diresmikannya bendungan ini, dapat memberikan beribu-ribu manfaat untuk menjamin ketersediaan akan kebutuhan air bersih di Ibu Kota Nusantara dan sebagian Kota Balikpapan,” kata Gok Ari.

Vice President Operation and Business Development Gagah Guntur Aribowo menjelaskan, untuk pekerjaan Penyempurnaan dan Penataan Kawasan Bendungan Sepaku Semoi ini Indra Karya melibatkan peran serta supervisi.

Gagah menjelaskan, Indra Karya menjadi penyedia jasa supervisi yang bertanggung jawab menjamin dan memastikan kualitas pelaksanaan agar terlaksana secara efisien serta memenuhi standar dan spesifikasi teknik yang ditentukan, melalui adanya pengawasan yang komprehensif terhadap seluruh kegiatan dan aktivitas pelaksanaan konstruksi.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, bendungan ini akan memasok air baku di kawasan IKN dengan kapasitas sebesar 2.000 liter per detik dan untuk Balikpapan sebesar 500 liter per detik.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas