Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung Rampung, JORR 2 akan Tersambung Sepenuhnya

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak - Cibitung merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung Rampung, JORR 2 akan Tersambung Sepenuhnya
dok. Waskita Toll Road
Proses konstruksi jalan tol Cimanggis-Cibitung 

 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembangunan Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak - Cibitung telah selesai dibangun.

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak - Cibitung merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol PT Cimanggis Cibitung Tollways yang mengerjakan pembangunan ini juga telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 11 hingga 14 Juni 2024.

Dalam ULF ini, hadir perwakilan dari Direktorat Jenderal Bina Marga, Badan Pengatur Jalan Tol, Direktorat Jalan Bebas Hambatan, Ditjen Perhubungan Darat, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta – Jawa Barat dan Korlantas Polri.

Baca juga: Atasi Macet di Km 66 Tol Japek, Kakorlantas Minta PUPR Kebut Penyelesaian Tol Japek II Selatan

Pelaksanaan ULF tersebut merupakan rangkaian terakhir sebelum Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2B Segmen Nagrak - Cibitung dioperasikan.

"ULF dilakukan untuk memastikan semua spesifikasi teknis persyaratan maupun perlengkapan jalan yang ada di ruas Jalan Tol telah sesuai standar manajemen dan keselamatan lalu lintas terpenuhi dengan baik," tulis Badan Pengatur Jalan Tol di situs resminya, dikutip Jumat (28/6/2024).

BERITA TERKAIT

Setelah ULF, akan dilakukan perbaikan atas hasil pemeriksanaan oleh tim ULF.

Selanjutnya akan dikeluarkan sertifikat laik fungsi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR juga akan dikeluarkan, sehingga Jalan Tol ini dapat dioperasikan sesuai masa pengoperasiannya oleh Badan Usaha Jalan Tol.

Pada mudik Lebaran 2024, Jalan Tol Cimanggis - Cibitung Seksi 2B dibuka fungsional mulai dari Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Cibitung Junction sepanjang 19,65 Km.

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung terdiri dari 2 seksi yaitu, Seksi 1A Junction Cimanggis - Jatikarya dan Seksi 2A ruas Jatikarya - Nagrak yang keduanya saat ini telah beroperasi.

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung menjadi akses penghubung dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi.

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung juga menambah kapasitas jalan yang melintasi empat wilayah yaitu, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Update Arus Balik 2024: Hari Ini One Way Dihentikan, Contraflow Masih Diberlakukan di Tol Japek

Setelah Jalan Tol Cimanggis - Cibitung beroperasi penuh, nantinya akan tersambung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya.

Yaitu, Jalan Tol Cengkareng - Kunciran, Kunciran - Serpong, Serpong - Cinere, Cinere - Jagorawi, dan Cibitung - Cilincing.

Jalan Tol JORR 2 pun akan terhubung seluruhnya dan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) I.

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung akan tersambung dengan Jalan Tol Trans Jawa ruas Jakarta - Cikampek.

Jalan Tol ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas dari ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta atau mengarah ke wilayah Bogor.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas