Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pameran dan Kompetisi Filateli Internasional Dibuka, Prangko Indonesia Bakal Makin Populer

PT Pos Indonesia (Persero) resmi membuka pameran dan kompetisi Filateli Internasional 2024 di Jakarta, Rabu, 3 Juli 2024.

Penulis: Sanusi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pameran dan Kompetisi Filateli Internasional Dibuka, Prangko Indonesia Bakal Makin Populer
handout
PT Pos Indonesia (Persero) resmi membuka pameran dan kompetisi Filateli Internasional 2024 di Jakarta, Rabu, 3 Juli 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) resmi membuka pameran dan kompetisi Filateli Internasional 2024 di Jakarta, Rabu, 3 Juli 2024.

Kegiatan yang akan berlangsung selama lima hari tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai dan eksistensi prangko-prangko Indonesia dari level nasional hingga level internasional.

Seremoni pembukaan pameran dan kompetisi Filateli Internasional digelar di Gedung Kesenian Jakarta.

Acara tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh sejumlah petinggi Pos Indonesia, yakni Direktur Bisnis Jasa Keuangan Haris dan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman.

Pembukaan tersebut juga disaksikan langsung oleh beberapa perwakilan penting seperti Ketua Asosiasi Filateli Indonesia Teguh Wira Adikusuma, Ketua Federasi Filateli Inter-Asia Prakob Chirakiti, dan Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Chaidir.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman menilai acara ini menjadi ajang dan momentum untuk meningkatkan nilai sekaligus mempertahankan eksistensi prangko Indonesia di mata dunia.

"Harapannya kalau kita bicara tentang stamp, tentang prangko, memang kalau sekarang ini kan penggunaan perangko itu sudah sangat berkurang. Tapi perangko sendiri dari masa lalu itu kan adalah collectable items. Nah kita berharap prangko-prangko ini terus menjadi collectable items yang nilainya semakin hari semakin tinggi," ujar Endy.

BERITA TERKAIT

Menurutnya, dalam gelaran kali ini Indonesia tidak hanya berpartisipasi sebagai anggota tapi juga tuan rumah. Dirinya berharap jika prangko Indonesia bisa dikenal dan dikoleksi banyak orang sehingga nilainya juga makin meningkat.

"Harapannya juga melalui eksebisi ini, kegiatan filateli itu dikenal oleh masyarakat. Terutama anak-anak muda yang sudah jauh tidak paham mengenai prangko," jelas dia.

Endy pun menilai antusiasme terhadap acara ini selalu tinggi. Bahkan pada tahun ini, jumlah peserta mengalami peningkatan dari acara tahun sebelumnya.

Baca juga: Prangko Seri 4 Pahlawan Nasional TNI Angkatan Udara Resmi Diluncurkan

"Dua tahun yang lalu kita adakan di sini juga. Jumlah pesertanya semakin meningkat, jumlah item collectables yang dipamerkan juga semakin banyak."

"Jadi semakin hari semakin meningkat. Itulah nilai yang kita coba capai untuk meningkatkan nilai filateli Indonesia di mata kolektor bukan Asia Pasifik saja, tapi seluruh dunia," ungkap Endy.

Pameran dan kompetisi Filateli Internasional akan digelar di Pos Bloc Jakarta pada 3-7 Juli 2024. Sebanyak 250 koleksi filateli terbaik yang berasal dari berbagai negara, mulai dari Asia Pasifik, Timur Tengah, dan juga Afrika Selatan.

Selain itu, ada 26 negara yang hadir sebagai peserta kompetisi, dan 32 negara sebagai peserta pameran.

Baca juga: Sambut Imlek, PT Pos Indonesia Luncurkannya Prangko Naga Tahun Ini

Dalam pameran tersebut juga akan ditampilkan prangko pertama di dunia, prangko pertama di Indonesia, prangko Hindia Belanda termahal, hingga koleksi prangko terbaik di dunia. Tak hanya prangko, pameran tersebut juga menampilkan koleksi uang, kartu bank, serta bursa filateli dan numismatik.

Selain pameran, akan ada beberapa kegiatan menarik lainnya seperti talkshow dengan tema "Tribute to Om Soesantio", dan "Mengenang Kontigen Garuda". Akan ada juga seminar dengan tema yang sangat menarik khususnya bagi pecinta filateli.

Selan itu ada juga 1.000 prangko edisi khusus yang hanya dijual saat pameran berlangsung. Kemudian, ada beberapa booth penjual prangko dan numismatik dari mancanegara dan domestik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas