Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tol Cimanggis-Cibitung Resmi Beroperasi, Waktu Tempuh Bogor-Cikampek Hanya 30 Menit

Jalan tol ini juga terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Jakarta – Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soeta.

Penulis: willy Widianto
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Tol Cimanggis-Cibitung Resmi Beroperasi, Waktu Tempuh Bogor-Cikampek Hanya 30 Menit
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Ilustrasi. Jalan Tol Cimanggis-Cibitung saat ini telah beroperasi sebagian sepanjang 6,53 Km, dimulai dari Seksi 1A Segmen Cimanggis Junction - On/Off Ramp Jatikarya hingga Seksi 2A Segmen On/Off Ramp Jatikarya – Simpang Susun Cikeas. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin meresmikan ruas jalan Tol Cimanggis-Cibitung di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,18 KM adalah bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways selaku pemegang hak konsesi jalan tol dengan biaya investasi sebesar Rp10,6 Triliun.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung saat ini telah beroperasi sebagian sepanjang 6,53 Km, dimulai dari Seksi 1A Segmen Cimanggis Junction - On/Off Ramp Jatikarya hingga Seksi 2A Segmen On/Off Ramp Jatikarya – Simpang Susun Cikeas.




Adapun pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dimulai sejak tahun 2016 dan melintasi empat wilayah yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan Wapres Maruf Amin, Masih Gratis

Dengan selesainya pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung sepanjang 19,65 Km, jaringan Jalan Tol JORR 2 sepenuhnya telah terhubung.

Wapres Ma’ruf berharap Tol Cimanggis - Cibitung menjadi akses penghubung dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi sekaligus meningkatkan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter dan logistik menuju kawasan industri Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

Setelah Jalan Tol Cimanggis - Cibitung beroperasi penuh, jaringan Jalan Tol JORR 2, telah utuh tersambung sepanjang 111 km, mulai dari Cengkareng – Kunciran – Serpong – Cinere – Jagorawi – CimanggisCibitung hingga Cilincing.

BERITA TERKAIT

Jalan tol ini akan meningkatkan kelancaran pergerakan baik komuter maupun logistik kawasan-kawasan industri besar di Jabodetabek, diantaranya kawasan industri Sentul, Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

Jalan Tol ini juga terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Jakarta – Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno – Hatta, dan Bandara Kertajati.

Sehingga dapat menjadi ruas alternatif dan solusi mengurangi travel time akibat kemacetan/kepadatan lalu lintas dari Ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta, Bogor, Tangerang, dan sekitarnya.

Terkait hal tersebut Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho bersyukur, pembangunan proyek ini bisa selesai tepat waktu. Dia meyakini masyarakat dapat merasakan manfaat jalan tol tersebut, di antaranya memangkas waktu tempuh dari Depok dan Bogor menuju Cibitung.

"Dari Depok, Bogor, dan sekitarnya menuju Cibitung melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kurang lebih hanya memakan waktu 30 menit," ujar pria yang biasa disapa Oho ini.

Manfaat Jalan Tol Cimanggis-Cibitung lainnya, kata dia, yaitu mengurangi kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Lingkar Luar (JORR I) dan jalan tol dalam kota. Kemudian memperlancar arus distribusi logistik dan menghubungkan kawasan industri di Bogor serta Bekasi.

Keberadaan jalan tol itu diyakini pula turut meningkatkan daya saing daerah dan ekonomi di kawasan sekitar jalan tol. "Ke depannya, Waskita terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam menghadirkan karya-karya berkualitas baik, aman, dan nyaman," tutur Oho.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung terdiri dari dua seksi yakni, Seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya dan Seksi 2A ruas Jatikarya-Nagrak yang keduanya saat ini telah beroperasi. Jalan Tol itu menjadi akses penghubung lebih cepat dari wilayah Cibubur ke Jalan Tol Jagorawi, sehingga hanya 10 menit.

Proyek tersebut semakin menambah kapasitas jalan yang melintasi empat wilayah yaitu, Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

Setelah Jalan Tol Cimanggis Cibitung beroperasi penuh, nantinya tersambung dengan jaringan Jalan Tol JORR 2 lain, seperti Jalan Tol Cengkareng-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, dan Cibitung-Cilincing.

Berikutnya setelah jaringan Jalan Tol JORR 2 semua terhubung, bakal melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan JORR I.

Jalan Tol yang baru diresmikan itu juga akan tersambung dengan Jalan Tol Trans Jawa ruas Jakarta-Cikampek. Lalu menjadi salah satu solusi mengurangi kepadatan lalu lintas dari ruas Jakarta hingga Bogor.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas