Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Suzuki Operasian Pabrik Biogas Berbahan Baku Rumput Gajah dan Sisa Makanan di Manesar India

Fasilitas ini merupakan pabrik percontohan yang berfungsi menghasilkan biogas dari bahan baku rumput gajah dan sisa makanan dari kantin pabrik.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Suzuki Operasian Pabrik Biogas Berbahan Baku Rumput Gajah dan Sisa Makanan di Manesar India
dok.
Pabrik pengolahan biogas Suzuki dari bahan baku rumput gajah dan sisa makanan kantin di Manesar, India. 

TRIBUNNEWS.COM - Anak perusahaan Suzuki Motor Corporation di India, Maruti Suzuki India Ltd. (MSIL), membangun pabrik pembangkitan dan pemurnian biogas di Manesar, Haryana, India, dan mulai beroperasi Juni 2024.

Fasilitas ini merupakan pabrik percontohan yang berfungsi menghasilkan biogas dari bahan baku rumput gajah dari keluarga Poaceae yang dibudidayakan di lokasi pabrik Manesar dan sisa makanan dari kantin pabrik.

Gas yang dimurnikan digunakan untuk memasak di kantin dan proses produksi. Residunya akan digunakan sebagai pupuk organik untuk hortikultura internal.




Pabrik ini diharapkan dapat memproduksi 0,2 ton biogas per hari, sehingga mengurangi sekitar 190 ton CO2 setiap tahunnya.

MSIL mendorong pengggunaan energi terbarukan dalam berbagai bentuk di India seperti pemasangan panel surya di setiap pabrik, dan pemanfaatan listrik ramah lingkungan.

Maruti Suzuki akan menginvestasikan total 4,5 miliar rupee (sekitar 7,9 miliar yen) dalam inisiatif terkait energi terbarukan selama tiga tahun mulai tahun fiskal 2024.

Baca juga: Masyarakat Desa Mundu Klaten Manfaatkan Kotoran Sapi untuk Biogas, Solusi Penanganan Limbah Hewan

Suzuki akan terus berupaya mewujudkan masyarakat netral karbon dengan mengurangi dampak lingkungan melalui inisiatif energi terbarukan.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas