Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dua Hari Ngantor di IKN, Menhub Gelar Rapat Infrastruktur Transportasi

Rapat di IKN membahas progres pembangunan infrastruktur ART, uji coba ART, rencana implementasi manajemen lalu lintas saat upacara HUT kemerdekaan RI.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Dua Hari Ngantor di IKN, Menhub Gelar Rapat Infrastruktur Transportasi
HO
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja ke Balikpapan, Jumat (21/6/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menempati Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, sejak Kamis (11/7/2024).

"Sudah dua hari ini saya berdinas di rumah jabatan Menteri di IKN. Selama itu pula, saya telah melakukan sejumlah rapat dan koordinasi dengan beberapa pihak untuk membahas isu-isu terkait kesiapan infrastruktur transportasi di IKN," kata Menhub Budi dalam keterangannya, Jumat (12/7/2024).




Menhub Budi melakukan rapat dengan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim dan Direktur Pembangunan Jalan Kementerian PUPR Wida Nurfaida, pada Jumat (12/7) sore.

Rapat tersebut membahas sejumlah isu seperti progres pembangunan infrastruktur ART, rencana uji coba ART, rencana implementasi manajemen lalu lintas saat upacara Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024, hingga dukungan Ditjen Perhubungan Darat dalam pembangunan IKN.

Sebelumnya Menhub Budi menyatakan, rangkaian Autonomous Rail Transit (ART) atau Trem Otonom dijadwalkan akan tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juli 2024. Trem otonom akan beroperasi di IKN pada Agustus mendatang.

"Rangkaian Trem Otonom telah dikirim dari China pada awal Juli 2024. Menurut perhitungan, kapal ekspedisi yang mengangkut Trem otonom tersebut akan tiba di Pelabuhan Balikpapan dan dijadwalkan tiba di IKN pada akhir Juli 2024 setelah proses kepabeanan selesai," kata Menhub Budi.

BERITA TERKAIT

"Dengan demikian, Trem Otonom dipastikan sudah bisa beroperasi pada Agustus 2024," sambungnya.

Dia bilang, setelah tiba di IKN, komponen Trem Otonom rencananya akan dirakit dan mulai diuji coba secara internal. Kemudian, akan dilakukan pula persiapan dan pelaksanaan pengujian bersama, dilanjutkan dengan pelaksanaan Proof of Concept (POC) pada Agustus 2024.

Baca juga: Jokowi Batal Pindah ke IKN Gara-gara Air-Listrik Belum Siap, PUPR: Kita Lagi Usahakan

Rencana unjuk kerja akan dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2024.

"Semoga jadwal ini dapat terealisasi sesuai rencana, dan Trem Otonom di IKN benar-benar bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas