Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

KCI Ungkap Biang KRL Rangkasbitung Line Terhenti di Kali Pesanggrahan, Bukan Karena Masalah Teknis

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus menyampaikan, peristiwa itu terjadi di KM 16+3/4 petak jalan antara Stasiun Kebayoran – Stasiun Pond

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in KCI Ungkap Biang KRL Rangkasbitung Line Terhenti di Kali Pesanggrahan, Bukan Karena Masalah Teknis
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan, perjalanan Commuter Line Rangkasbitung yang sempat terhenti di jembatan Kali Pesanggrahan Jakarta Selatan imbas dari Commuter Line No.1696 relasi Tanah Abang- Rangkasbitung yang tertemper seorang pejalan kaki.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus menyampaikan, peristiwa itu terjadi di KM 16+3/4 petak jalan antara Stasiun Kebayoran – Stasiun Pondok Ranji.




Joni mengatakan, untuk memastikan keamanan rangkaian Commuter Line, Awak Sarana Perkeretaapian atau dalam hal ini Petugas Masinis sempat memberhentikan perjalanan kereta apinya guna melakukan pemeriksaan rangkaian kereta setelah terjadi temperan tersebut.

Baca juga: Rangkaian KRL Jakarta-Bogor Hanya 8 Gerbong, KCI Ungkap Alasannya

"Setelah dinyatakan aman, keberangkatan kereta dapat dilanjutkan kembali," kata Joni dalam keterangannya, dikutip Minggu (14/7/2024).

"Petugas Masinis juga berkoordinasi dengan pengendali perjalanan kereta api terpusat untuk melaporkan kejadian tersebut dan meneruskan ke pihak stasiun guna dilakukan tindak lanjut untuk penanganannya," imbuhnya.

Kemudian, petugas dari Stasiun Kebayoran menuju lokasi temperan dan berkoordinasi dengan Kepolisian dan pihak terkait lainnya guna mengevakuasi korban ke Rumah Sakit Fatmawati Jakarta Selatan.

BERITA TERKAIT

KAI Commuter menyayangkan kejadian kecelakaan tersebut, bahwa sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian yaitu larangan bagi siapa pun untuk berada atau melakukan aktivitas apapun di sekitar jalur rel selain untuk keperluan dinas perkeretaapian.

"Kami meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas apa pun di sekitar jalur rel serta turut berpartisipasi aktif dalam menciptakan keselamatan bersama dan kelancaran perjalanan kereta api," ungkapnya.

Sebelumnya Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek line Rangkasbitung mengalami gangguan dan terhenti di jembatan Kali Pesanggrahan, Tanah Kusir Jakarta Selatan, Minggu (14/7/2024).

Video tersebut diunggah dalam akun Instagram @jalur5. Diketahui peristiwa itu terjadi pada pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Tiga Catatan DPR Soal Rencana Kenaikan Tarif KRL Commuterline di Jabodetabek

"Kereta Rangkas (sekarang arah Pondok Ranji) ketahan karena ada gangguan," tulis keterangan dalam video, dikutip Minggu (14/7/2024).

Unggahan tersebut menuai beragam komentar dari warganet, akun @ahmad_riffat_ramadhan menyatakan, line Rangkasbitung memang kerap kali mengalami gangguan.

"Green line mah langganan gangguan min," tulisnya.

Selain itu akun @_mozaiks mengatakan, "Greenline oh greenline," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas