Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Zulhas Ogah Disalahkan Permendagnya Bikin PHK Massal, Lempar Bola Panas ke Menperin hingga Jokowi

Atas hal itu, Zulkifi Hasan menegaskan Permendag tersebut bukan dirinya yang menginisiasi. Tapi, pimpinan kementerian-kementerian lain hingga presiden

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Zulhas Ogah Disalahkan Permendagnya Bikin PHK Massal, Lempar Bola Panas ke Menperin hingga Jokowi
Tribunnews.com/Rahmat Fajar Nugraha
Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, di kantor DPP PAN Jakarta Selatan, Minggu (14/7/2024).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, angkat bicara soal Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 8 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor, yang kini tuai polemik. 

Polemik itu dikarenakan peraturan yang dikeluarkan oleh Zulkifli Hasan selaku Mendag itu berimbas pada masifnya gelombang PHK para pekerja di industri tekstil.




Saat dikonfirmasi, Zulkifli Hasan selaku Mendag justru mengaku bukan dirinya yang menginisiasi kebijakan tersebut. 

Alasannya saat penerbitan Permendag itu dirinya sedang menghadiri APEC di Peru. 

"Permendag 36 itu dulu saya buat komprehensif. Jadi, barang-barang yang post border jadi border agar impor kita kendalikan," kata Zulkifli Hasan kepada awak media di kantor DPP PAN Jakarta Selatan, Minggu (14/7/2024). 

"Tapi, kan waktu saya lagi ikut di APEC, lagi bertengkar dengan Barat karena produk Indonesia dilarang masuk seperti dipersulit," kata Zulhas yang juga Ketua Umum PAN itu. 

BERITA TERKAIT

Ia melanjutkan saat dirinya di Peru dihubungi dari Jakarta. Dikatakannya barang-barang di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, alami penumpukan. 

"Rapatlah di Istana dipimpin Bapak Presiden, yang rapat Menteri Perindustrian, Menteri Ekonomi, mereka yang mutusin," jelasnya. 

Atas hal itu ia menerangkan maka dikeluarkan Permendag Nomor 8 Tahun 2024.

"Karena putusan rapat saya harus buat. Jadi, permintaannya mereka, bukan permintaan saya. Permintaan saya Permendag 36," kata Zulhas. 

"Permendag 8 itu permintaan yang dipimpin Bapak Presiden, diikuti Menteri Perindustrian, Menteri Ekonomi dan Menteri Keuangan," terangnya. 

Atas hal itu, Zulkifi Hasan menegaskan Permendag tersebut bukan dirinya yang menginisiasi. Tapi, pimpinan kementerian-kementerian lain hingga presiden.  

"Saya di sana di Peru. Jadi Permendag 8 itu produk mereka. Bukan produk saya. Hanya karena ekspor impor, makanya rumahnya di saya," tegasnya. 

Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketua Umum PAN, ,Zulkifli Hasan, di kantor DPP PAN Jakarta Selatan, Minggu (14/7/2024). 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas