Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

20 Ribu Sepeda Motor Leasing Digelapkan, Beli Rp 5 Juta Jual Rp 50 Juta

Siasat yang digunakan sindikat penggelapan motor kredit jaringan internasional yang merugikan total mencapai Rp876 miliar tersebut.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in 20 Ribu Sepeda Motor Leasing Digelapkan, Beli Rp 5 Juta Jual Rp 50 Juta
Tribun Toraja/Yultin
Ilustrasi: Sepeda motor sitaan 

*Polisi Minta Aturan Kredit Sepeda Motor Diubah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri membongkar kasus
penggelapan kendaraan sepeda motor jaringan internasional yang sudah beraksi sejak 2021-2024. Dalam hal ini, ditemukan kurang lebih 20 ribu sepeda motor yang sudah dikirim ke luar negeri.

Siasat yang digunakan sindikat penggelapan motor kredit jaringan internasional yang merugikan total mencapai Rp876 miliar tersebut. memesan sepeda motor dari leasing dengan cara mengkredit.

"Modus operandi yang dilakukan adalah para penadah melakukan pemesanan kendaraan bermotor kepada perantara," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro, Kamis(18/7).

Baca juga: Mobil Ibunda Catherine Wilson Ditarik Leasing, Idham Mase Akui Sengaja Tak Bayar Cicilan

Nantinya, perantara mencari debitur untuk melakukan kredit motor di dealer-dealer diseluruh pulau Jawa dengan menggunakan identitas debitur dengan imbalan Rp1,5 juta- Rp2 juta.

"Setelah kendaraan diterima oleh debitur kemudian kendaraan tersebutlangsung dipindah tangankan dari debitur ke perantara dan selanjutnya diberikan ke penadah untuk ditampung di beberapa gudang milik penadah," ucapnya.

"Setelah kendaraan berjumlah sekitar 100 unit, selanjutnya penadah berkordinasi dengan eksportir untuk stuffing (proses memuat barang ke dalam kontainer) kemudian dilakukan ekspor ke luar negeri (Vietnam, Rusia, Hongkong, Taiwan dan Nigeria)," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Jika dilihat, sindikat ini hanya mengeluarkan modal Rp5 juta sampai Rp8 juta per unit untuk nantinya dijual ke luar negeri.

"Untuk dijualnya ke luar negeri tentu saja akan mengikuti standar di mana negara itu, harga nilai standar yang ada di luar negeri. Itu lah keuntungan mereka. Yang jelas harga motor sekitar Rp30-50 juta," ungkapnya.

Djuhandani mengatakan kasus ini terungkap berawal dari adanya laporan masyarakat tentang adanya beberapa tempat yang menampung ratusan motor yang tidak memiliki dokumen yang di ekspor ke berbagai negara tanpa di lengkapi dokumen yang sah.

Selanjutnya, polisi melakukan penyelidikan dan menemukan salah satu gudang di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 29 Januari 2024 dan selanjutnya dilakukan pengembangan.

Baca juga: Viral Kantor Leasing di Tasikmalaya Digeruduk Ormas, Kursi Ditendang hingga Satpam Dikeroyok

"Pengungkapan tindak pidana fidusia dan atau penipuan dan atau penggelapan dan atau penadahan kendaraan bermotor tersebut dilakukan di 6 tkp yakni di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah," ucapnya.

Djuhandani menyebut pihaknya juga berhasil menangkap tujuh orang tersangka yang melakukan aksi penggelapan ini. Ketujuh tersangka berinisial NT dan ATH yang berperan sebagai debitur, WRJ dan HS selaku penadah sepeda motor, FI selaku pencari penadah, HM selaku pencari debitur, dan WS selaku eksportir.

Lebih lanjut, Djuhandani mengatakan para tersangka ini menggelapkan kendaraan kredit untuk dijual ke lima negara.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas