Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jadi Daerah Penyangga Destinasi Wisata IKN, SDM Kabupaten Berau Diberikan Pelatihan Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong pemanfaatan digitalisasi bagi sumber daya manusia (SDM) di daerah wisata.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jadi Daerah Penyangga Destinasi Wisata IKN, SDM Kabupaten Berau Diberikan Pelatihan Digital
Humas Setkab/Oji
Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong pemanfaatan digitalisasi bagi sumber daya manusia (SDM) di daerah wisata.

Kali ini dilakukan pelatihan di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, yang mana diproyeksikan menjadi daerah destinasi wisata penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), beberapa waktu lalu.

Ketua Tim Transformasi Digital Pendidikan Kesehatan dan Pariwisata Kemenkominfo, Hari Purwadi mengatakan, fokus dari program ini adalah untuk mendorong upaya transformasi digital sektor pariwisata.

Baca juga: Air Bersih Akhirnya Tersedia di IKN, Tahap Satu Bersumber dari Intake Sepaku

Menurutnya, Berau merupakan kawasan KSPN yang memiliki potensi wisata cukup banyak dan sudah dikenal oleh masyarakat lokal maupun global seperti Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan lainnya.

"Kami berharap dengan apa yang telah dilakukan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku wisata untuk melakukan digitalisasi yang pada akhirnya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan potensi nilai ekonomi yang bisa diperoleh dari potensi wisata di ketiga desa wisata tersebut," ujar Hari ditulis Minggu (21/7/2024).

Para penggiat wisata diberikan pelatihan dengan topik pengembangan produk wisata, penggunaan smartphone untuk foto dan video, hingga manajemen media sosial, setelah itu produk wisatanya akan dimasukkan ke beberapa platform OTA.

Melalui pelatihan dan workshop langsung, peserta memperoleh keahlian untuk menciptakan produk wisata yang menarik, mengambil foto dan video yang memukau, serta memanfaatkan platform media sosial secara efektif untuk mempromosikan produk wisata mereka.

BERITA TERKAIT

Hari menyampaikan, pendekatan terarah ini tidak hanya meningkatkan kualitas produk dan layanan pariwisata, tetapi juga memberdayakan masyarakat lokal untuk berpartisipasi aktif dalam rantai nilai pariwisata, yang mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas