Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Diluncurkan Jokowi, Golden Visa Diklaim Bakal Dongkrak Investasi Asing di Industri Parekraf

Kebijakan golden visa diklaim mampu meningkatkan jumlah investasi asing di sektor Parekraf Indonesia.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Diluncurkan Jokowi, Golden Visa Diklaim Bakal Dongkrak Investasi Asing di Industri Parekraf
Tribunnews.com/Fauzi Alamsyah
Menparekraf Sandiaga Uno. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebijakan Golden Visa ke warga negara asing diklaim mampu meningkatkan jumlah investasi asing di sektor Parekraf Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, kebijakan ini sebenarnya telah dirancang cukup lama sejak 2022 dan dimatangkan selama 2023.




Hingga pada akhirnya telah diluncurkan pada pertengahan 2024.

Diketahui, kebijakan Golden Visa telah diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di The Ritz-Carlton Hotel, Jakarta, Kamis (25/7/2024),

"Harapannya ini akan meningkatkan jumlah investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kami juga melihat ada peluang untuk mengaktifkan para pebisnis-pebisnis," kata Sandiaga dalam pernyataannya, Kamis (25/7/2024).

Golden Visa merupakan bentuk baru dari visa rumah kedua (second home visa) yang menargetkan investor dan pebisnis internasional, talenta global, dan wisatawan mancanegara yang memenuhi kriteria.

BERITA TERKAIT

Investor asing pemegang Golden Visa dapat memiliki izin tinggal di Indonesia selama lima hingga 10 tahun dengan persyaratan jumlah investasi tertentu.

Kebijakan Golden Visa ini juga diharapkan Menparekraf Sandiaga bisa meningkatkan jumlah wisatawan berkualitas, sehingga akan memperkuat ekosistem sektor pariwisata.

“Jika para investor yang menggunakan Golden Visa keluar-masuk keluar-masuk ini akan bagus untuk meningkatkan jumlah perjalanan wisata, nanti juga mereka akan lebih banyak mengajak investor lainnya sebagai tujuan investasi," papar Sandi.

Baca juga: Fakta Golden Visa yang Diluncurkan Jokowi: Shin Tae-yong Penerima Pertama, 300 WNA Sudah Daftar

"Dan mereka akan berkarya di sini. Ini akan memperkuat ekosistem industri pariwisata,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya saat Peluncuran Golden Visa menyampaikan, pemerintah meluncurkan layanan Golden Visa untuk memberikan kemudahan bagi para Warga Negara Asing (WNA) dalam berinvestasi dan berkarya di Indonesia.

Baca juga: Jokowi Beberkan Alasan Pemerintah Luncurkan Program Golden Visa

“Sehingga menarik lebih banyak good quality travelers untuk invest while stay dan productive while stay," kata Jokowi.

Jokowi juga menekankan, Golden Visa hanya diberikan untuk good quality travelers. Sehingga Pemerintah akan benar-benar memantau, benar-benar menyeleksi, dan benar-benar melihat dari sisi kontribusi.

"Jangan sampai justru meloloskan orang-orang yang membahayakan keamanan negara, meloloskan orang-orang yang tidak memberi manfaat secara nasional," pungkas Jokowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas