Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Labuan Bajo Tingkatkan Usaha Ekonomi Kreatif Berbasis Digital

FA yang diselenggarakan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) tahun ini sangat menarik dan sangat berbeda dengan tema-tema sebelumnya

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Labuan Bajo Tingkatkan Usaha Ekonomi Kreatif Berbasis Digital
indonesia.travel
Ilustrasi: Pulau Komodo, Labuan Bajo. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno menilai Floratama Academy 5.0 2024 (FA) dapat meningkatkan usaha ekonomi kreatif berbasis digital.

Menurutnya, FA yang diselenggarakan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) tahun ini sangat menarik dan sangat berbeda dengan tema-tema di tahun sebelumnya.

Dalam Floratama Academy 2024 kali ini BPOLBF berinovasi dan berfokus pada wilayah pengembangan bisnis bagi 25 unit usaha di Flores Bagian Barat yang terdiri atas Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, dan Kabupaten Manggarai Timur dengan target pendaftar sebanyak 500 unit usaha.

Baca juga: Daftar Promo Tiket Wisata Spesial Hari Anak Nasional: Ada TMII hingga Trans Studio Cibubur

“Floratama academy tahun ini menghadirkan konsep baru dengan mengusung tema Society 5.0 yang diharapkan peserta mampu beradaptasi di era digital dengan 4C (Creativity, Critical thinking, Communication, and Collaboration),” ucap Sandi dalam keterangan, Kamis (25/7/2024)

Dengan demikian, Sandi meyakini unit usaha dapat memiliki daya saing.

”Ini juga menjadi satu pilar untuk mendukung Labuan Bajo Flores sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas," tambahnya.

BERITA TERKAIT

Plt. Direktur Utama BPOLBF Frans Teguh menyampaikan bahwa FA sebelumnya sudah dirancang mencakup tiga zona wilayah Manggarai dan juga Flores kedepannya untuk meningkatkan kapabilitas kompetitif ataupun kemampuan bersaing terutama dalam perkembangan kemajuan teknologi digital.

Floratama Academy tahun 2024, dirancang dan dibagi dalam tiga zona yaitu Zona Flores Barat Tengah dan akan ada zona untuk bagian Tengah dan Timur.

Ke depan program ini juga akan mencakup seluruh kabupaten/kota di Kepulauan Flores dan menjadi wilayah dari Otoritatif dan Kordinatif BPOLBF, termasuk juga 2 kecamatan di Kabupaten Bima.

Baca juga: Jadi Daerah Penyangga Destinasi Wisata IKN, SDM Kabupaten Berau Diberikan Pelatihan Digital

“Saat ini, kami fokus untuk wilayah Flores bagian barat yang mencakup tiga Kabupaten yakni Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur dan di tahun 2024 juga, kami mencoba menyesuaikan tantangan yang sudah kita hadapi dan kita harapkan ada seri Floratama Academy 5.0 dalam rangka meningkatkan daya saing, akses pasar bisa berkembang dan beradaptasi dengan platform digital," ungkap Frans.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas