Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kapal LCT Cita XX dan 12 Awak Belum Ditemukan, Ini Penjelasan Terbaru Bakti Kominfo

Sudah memasuki 7 hari pencarian kapal LCT Cita XX yang membawa material tower BTS 4G beserta 12 awak kapal belum membuahkan hasil.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kapal LCT Cita XX dan 12 Awak Belum Ditemukan, Ini Penjelasan Terbaru Bakti Kominfo
Istimewa
Tim SAR Gabungan saat bertolak dari dermaga melakukan pencarian kapal LCT Cita XX yang hilang kontak, Senin (22/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sudah memasuki hari ketujuh pencarian kapal LCT Cita XX yang membawa material tower Base Transceiver Station (BTS) 4G beserta 12 awak kapal belum membuahkan hasil.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika terus memantau tim SAR gabungan Timika pada hari terakhir pencarian awak dan kapal LCT Cita XX yang membawa material BTS.

Direktur Utama Bakti Kominfo Fadhilah Mathar mengatakan tim SAR gabungan pada hari terakhir ini kembali mengerahkan dua armada khusus milik TNI AU untuk proses pencarian awak dan kapal LCT Cita XX.

“Informasi yang kami terima, Helikopter Super Puma H 3211 akan diterbangkan oleh Captain Nurfi dan semoga cuaca cerah pada hari ini sehingga mendukung pencarian maksimal sampai ditemukan 12 awak kapal LCT Cita XX dengan selamat,” kata Fadhilah di Kantor BAKTI Kominfo, Jakarta, Jumat (26/7/2024).

Sepanjang proses pencarian awak dan kapal Cita LCT XX, tim SAR gabungan terkendala cuaca hujan dan berkabut di Timika yang menghambat jarak pandang di jalur udara.

“Kemarin pada hari keenam, laporan yang kami terima tim SAR dengan Helikopter TNI AU Super Puma terbang selama 1 jam dalam cuaca hujan sehingga ketinggiannya harus diturunkan di 300 kaki dan pencarian menjadi kurang maksimal untuk jarak pandang,” tutur Fadhilah.

BERITA TERKAIT

Menurut informasi dari I Wayan Suyatna Kepala Basarnas Timika kepada BAKTI Kominfo, Helikopter Super Puma H 3211 milik TNI AU memiliki ketahanan terbang selama 4 jam.

Tim SAR gabungan selanjutnya akan menerbangkan pesawat Boeing 737 200 setelah cuaca memungkinkan untuk jarak pandang maksimal.

Baca juga: Sudah 7 Hari Sejak Hilang Kontak, Bagaimana Nasib 12 ABK Kapal LCT Cita XX Pengangkut Material BTS?

Seperti diketahui, sejak Sabtu (20/7/2024), tim SAR gabungan telah melakukan upaya pencarian 12 awak dan Kapal LCT Cita XX melalui jalur laut dan darat dengan cuaca yang kurang mendukung.

Kapal LCT Cita XX yang juga mengangkut material BTS untuk penyediaan sinyal 4G di Kabupaten Yahukimo berangkat sejak Senin (15/7/2024) dari Timika menuju Yahukimo dengan jadwal tiba pada Kamis (18/7/2024) sore.

Baca juga: BREAKING NEWS: Kapal LCT Bahana Putra Tenggelam di Ternate, Nakhoda & Juru Masak Hilang

Pada Rabu (17/7/2024) kapal LCT Cita XX diketahui hilang kontak dalam pelayaran menuju Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Kemudian pada Jumat (19/7/2024) laporan pencarian posisi kapal LCT Cita XX disampaikan oleh Mufli selaku Penanggung Jawab kapal LCT Cita XX kepada Kepala Basarnas Timika.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas