Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Eksportir Ikan Indonesia ke Uni Eropa Cenderung Stagnan, Apa Saja Kendalanya?

Saat ini terdapat 176 perusahaan eksportir yang menembus pasar Uni Eropa, namun jumlah tersebut tak kunjung bertambah.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Eksportir Ikan Indonesia ke Uni Eropa Cenderung Stagnan, Apa Saja Kendalanya?
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Sejumlah pekerja menyortir ikan munir hasil tangkapan nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tasikagung Rembang, Jawa Tengah. Hasil tangkapan ikan munir sebagian akan dibawa ke pabrik untuk diolah menjadi produk olahan seperti sosis dan nugget. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekspor ikan dan produk perikanan dari Indonesia ke Uni Eropa masih menemui sejumlah kendala. Saat ini terdapat 176 perusahaan eksportir yang menembus pasar Uni Eropa, namun jumlah tersebut tak kunjung bertambah.

"Kita belum bisa menambah jumlah maupun varian produk yang bisa diekspor ke sana," ujar Kepala Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan Ishartini di Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pasar terbesar ekspor ikan dan produk perikanan Indonesia adalah Amerika Serikat dengan nilai 1,91 miliar dolar AS atau sekira 33,9 persen dari total nilai ekspor produk perikanan Indonesia.

Kemudian, Tiongkok dengan nilai 1,14 miliar dolar AS atau sekira 20,2 persen, Jepang senilai 690,70 juta dolar AS atau sekira 12,3 persen, negara-negara di kawasan Asia Tenggara dengan nilai 667,83 juta dolar AS atau sekira 11,9 persen.

"Uni Eropa nilainya 335,27 juta dolar AS atau 6,0 persen," katanya.

Yang menjadi kendala adalah perbaikan mutu dan kualitas produk perikanan dalam negeri. Sebab, Uni Eropa amat rinci dalam hal tersebut.

BERITA TERKAIT

KKP bersama pelaku usaha dari sektor hulu penangkapan hingga hilir pengelolaan, mulai membangun kesadaran bersama akan pentingnya penjaminan mutu.

Baca juga: Nilai Ekspor Ikan Hias Indonesia Tembus Rp 634 Miliar di 2023, Paling Banyak ke China

Di antaranya di sektor budidaya, dengan melakukan sertifikasi penjaminan mutu agar produk perikanan Indonesia bisa bersaing. Hal tersebut, kata Ishartini, dapat meyakinkan negara tujuan ekspor sehingga angka persetujuannya bisa meningkat.

"Dengan begitu, volume dan nilai ekspor ke Uni Eropa juga meningkat," imbuh Ishartini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas