Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bidik Produksi 1 Juta Barel, SKK Migas Perkuat Integritas dan Tata Kelola Industri Hulu Migas

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memperkuat pelaksanaan tata kelola industri hulu migas.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in Bidik Produksi 1 Juta Barel, SKK Migas Perkuat Integritas dan Tata Kelola Industri Hulu Migas
Istimewa
ilustrasi. industri hulu migas nasional. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memperkuat pelaksanaan tata kelola industri hulu migas.

Dalam rangka terus meningkatkan komitmen dan implementasi nilai Professional, Responsive, Unity in Diversity, Decisive, Ethics, National Focused dan Trusworthy (Prudent) SKK Migas menyelenggarakan kegiatan Pekan Integritas alias Pentas.

Baca juga: SKK Migas Gelar Anugerah Jurnalistik Hulu Migas, Pemenang Diumumkan 10 September

Pengawas Internal SKK Migas Eko Indra Heri mengungkapkan, SKK Migas telah memiliki Visi Indonesia Oil & Gas (IOG) 4.0 dengan 3 target.

Yaitu meningkatkan produksi minyak dan gas, multiplier effcet, serta lingkungan berkelanjutan.

Eko menyampaikan, menjadi hal yang tidak mudah dan dituntut selaku berinovasi dan kreatif, dalam kontek tersebut, bagaimana Pengawas Internal bisa meluruskan dan menjaga agar tujuan bisa dicapai, dalam hal ini target minyak 1 juta barel per hari (bph) pada 2030.

"Jika Visi sudah sama, tujuan sudah sama maka yang harus dibangun adalah integritas. Dalam menjaga integritas telah dilakukan berbagai upaya, termasuk menjadikan Pengawas Internal sebagai mitra strategis bagi fungsi-fungsi di SKK Migas," ungkap Eko dalam keterangannya, Sabtu (3/8/2024).

Baca juga: Tingkatkan Produksi Migas Nasional, Kepala SKK Migas Inspeksi Langsung Proyek FPSO Marlin Natuna

BERITA TERKAIT

Ia juga mengharapkan, setelah kegiatan Pentas, maka semangat berintegritas akan terus dijaga dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Untuk itu dia mengajak agar integritas menjadi bagian dari hidup agar selalu menyatu dalam berpikir dan bertindak selalu dalam integritas.

Dalam arahannya, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menggarisbawahi bahwa integritas bukan harapan atau himbauan, tetapi adalah kewajiban sebagai profesional adalah pertama integritas kedua integritas ketiga integritas dan kemudian kemampuan.

Dia meminta seluruh jajaran di SKK Migas bahwa ketika memakai SKK MIGAS berarti menunjukkan integritas.

Dia menyapaikan bahwa ketika dalam bekerja ada urusan berbelit-belit maka dapat dipastikan bahwa yang menjalankan tidak berintegritas.

Baca juga: SKK Migas Lanjutkan Rangkaian Pre-IOG SCM & NCB Summit 2024 di Batam

"Pembenahan tata kelola harus ditingkatkan. Pembenahan PTK (pedoman tata kerja). Jika PTK berintegritas maka tata kelola hulu migas akan lebih berintegritas," ungkap Dwi Soetjipto.

Ia melanjutkan, SKK Migas saat ini sedang berjuang melakukan eksplorasi masif didukung oleh berbagai instansi terkait.

Dukungan terbaik bagi investor, termasuk semangat untuk lebih agresif dari Discovery sampai produksi.

"Industri hulu migas tidak hanya dituntut untuk lebih massive dan agresif, tetapi juga efisien. Jika industri efisiensi maka investor akan masuk. Semua dengan integritas segala urusan bisa dilaksanakan lebih mudah," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas