Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Persiapan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Ada Kereta Otonom yang Bisa Angkut 300 Penumpang

Saat ini sudah ada empat halte kereta otonom di IKN, seluruhnya dipastikan sudah siap dipakai pada Kamis, 15 Agustus.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Persiapan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Ada Kereta Otonom yang Bisa Angkut 300 Penumpang
HO
Pelaksana Tugas Kepala Ototita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono mengecek langsung uji coba Autonomous Rail Transit (ART) atau kereta otonom di IKN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaksana Tugas Kepala Ototita Ibu Kota Nusantara (IKN) Basuki Hadimuljono mengecek langsung uji coba Autonomous Rail Transit (ART) atau kereta otonom di IKN.

Uji coba dilakukan untuk mengecek kesiapan transportasi antar-jemput tamu undangan dan masyarakat yang hadir dalam peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia (RI) di IKN pada 17 Agustus 2024, mendatang.




Adapun, rute yang menjadi uji coba berlangsung di Jalan Sumbu Kebangsaan, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kalimantan Timur.

Diketahui, saat ini sudah ada dua rangkaian kereta otonom yang beroperasi di IKN. Dimana, masing-masing rangkaian kereta terdiri atas tiga gerbong.

Baca juga: Pemerintah Cari 60 Ribu Orang untuk ASN di IKN, Jokowi Minta Putra-Putri Kalimantan Ada Jalur Khusus

”Satu gerbong dapat memuat seratus orang. Jadi, total kapasitas penumpangnya 300 orang,” kata Basuki, Senin (12/8/2024).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu pun menyebut, dengan daya angkut sebanyak itu, kereta otonom tersebut menjadi moda transportasi massal yang efektif di IKN. Apalagi kereta otonom itu ditenagai listrik.

BERITA TERKAIT

Sehingga lebih efisien dan ramah lingkungan. Sesuai dengan konsep yang diusung oleh pemerintah dalam pembangunan IKN.

Dia menjelaskan, daya angkut kereta otonom di IKN bukan satu-satunya keunggulan, moda transportasi massal tersebut juga dibekali kemampuan bergerak dengan kecepatan mencapai 70 kilometer per jam.

Selain itu, kereta otonom di IKN tidak seperti kereta pada umumnya. Operasionalnya tidak butuh rel konvensional.

Kereta tersebut bekerja mengikuti marka khusus yang sudah dipasang di jalanan IKN.

Sistem pandu otomatis yang disematkan pada kendaraan massal itu memang canggih dan modern. Memungkinkan kereta otonom beroperasi tanpa pengemudi.

Meski demikian, selama uji coba kereta otonom berlangsung di IKN pada Agustus-Desember 2024, operasional kereta tersebut tetapi menggunakan pengemudi.

Tujuannya untuk memastikan penyesuaian sistem kereta otonom itu dengan rute perjalanan di KIPP IKN berlangsung sempurna. Sehingga kedepannya kereta tersebut bisa beroperasi tanpa pengemudi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas