Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Siagakan Ratusan Personel, PLN Jamin Keandalan Sistem Kelistrikan Upacara HUT RI ke-79 di IKN

PLN menyiagakan 450 personel dan 17 posko untuk menjaga keandalan pasokan listrik di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in Siagakan Ratusan Personel, PLN Jamin Keandalan Sistem Kelistrikan Upacara HUT RI ke-79 di IKN
Dokumentasi PLN
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN, menyiagakan 450 personel dan 17 posko untuk menjaga keandalan pasokan listrik di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN).

Disiagakannya ratusan personel ini untuk memastikan kelancaran upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) yang akan digelar pada Sabtu, (17/8/2024).




Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo juga telah melakukan apel siaga dari IKN untuk memastikan kesiapan PLN dalam menghadirkan listrik bersih dan andal.

Baca juga: Anggaran Bangun IKN Tahun Depan Cuma Rp 143 Miliar, Begini Penjelasan Menkeu

"Sistem kelistikan untuk IKN ini sudah siap, baik itu dari pasokan daya, transmisi, distribusi, dan kesiapan seluruh personelnya. Untuk momentum yang sangat bersejarah ini, kita berikan yang terbaik," ujar Darmawan dalam pernyataannya, Jumat (16/8/2024).

Ia menjelaskan, selain menyiagakan personel, PLN juga menyiapkan skema pengamanan listrik berlapis guna menjamin kelancaran pelaksanaan Upacara Kemerdekaan.

Skema pengamanan sistem berlapis mencakup dua penyulang dari Gas Insulated Switchgear (GIS) 4, GI Mobile, 35 Uninterruptible Power Supply (UPS) sebagai cadangan, serta 28 genset darurat dan 17 unit gardu bergerak (UGB).

BERITA TERKAIT

"Untuk upacara kemerdekaan besok pagi, semua persiapan sudah lengkap beres fasilitas gensetnya, UPS, unit bergeraknya, dan juga tim kita yang ada di lapangan, sekitar 450 pegawai PLN semuanya siaga, SPKLU tadi sudah dicek juga, unit sudah siap," ujarnya.

Darmawan menerangkan, PLN menyediakan listrik bersih dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN yang telah mencapai kapasitas produksi 10 Megawatt (MW) untuk mendukung operasional di IKN.

Baca juga: Presiden Jokowi Akan Pimpin Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN

Walaupun proyeksi kebutuhan listrik untuk rangkaian peringatan HUT RI ke-79 mengalami peningkatan dari awalnya 1,5 MW menjadi 3 MW, masih terdapat cadangan listrik bersih sebesar 7 MW yang bisa diutilisasi ke sistem interkoneksi Kalimantan.

“Kami menghadirkan sistem kelistrikan di IKN yang paling mutakhir serta indah secara estetika. Karenanya, konsep ekosistem kelistrikan di IKN berbasis state of the art of technology dengan sumber energi bersih untuk IKN didukung teknologi pintar berbasis artificial intelligence," pungkas Darmawan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas