Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

BUMN Jasa Keuangan Ini Siap Bantu Pemerintah Atasi Kesenjangan Ekonomi di IKN

Pembiayaan yang diberikan kepada nasabah PNM Mekaar dipastikan digunakan untuk hal produktif atau untuk modal usaha.

Editor: willy Widianto
zoom-in BUMN Jasa Keuangan Ini Siap Bantu Pemerintah Atasi Kesenjangan Ekonomi di IKN
AFP/STR
Istana kepresidenan masa depan yang sedang dibangun, yang akan menjadi tuan rumah perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 pada 17 Agustus, terlihat di ibu kota masa depan Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 10 Agustus 2024. (Photo by AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani(PNM) siap membantu pemerintah guna melakukan pemerataan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur termasuk IKN.

Baca juga: Dikelola BUMN Farmasi, IKN Nusantara Dilengkapi 2 Klinik dan Lab Medis untuk Layani ASN

“Ini menjadi tantangan bagi kami untuk mengembangkan solusi layanan berbasis teknologi digitalisasi sehingga dapat menjangkau masyarakat unbankable yang lebih besar di sekitar IKN agar kesenjangan ekonomi dapat ditekan,” ujar Direktur Operasional PNM Sunar Basuki dalam pernyataannya, Selasa(20/8/2024).

Baca juga: PNM Target Penyaluran Pembiayaan ke Ultra Mikro Sebesar Rp 75 Triliun Tahun Ini

Untuk dapat memberikan layanan yang optimal, Sunar mengungkapkan, upaya PNM dalam menjaga likuiditas guna mendukung ekspansi pembiayaan serta mitigasi dalam menghadapi gejolak likuiditas dengan mengelola likuiditas cadangan.

Baca juga: PPI Dunia dan PNM Sepakat Perkuat Ekonomi Masyarakat Melalui Micro Financing




“Pembiayaan yang kami berikan kepada nasabah PNM Mekaar dipastikan digunakan untuk hal produktif atau untuk modal usaha. Ini yang bisa menjaga kualitas pembiayaan,” ujarnya.

Sunar juga menilai rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengatur lebih detail perihal kemudahan akses pembiayaan terhadap UMKM akan menjadi angin segar dan mendorong semakin tumbuhnya pelaku UMKM di Indonesia.

Baca juga: Pekerja di IKN dan Warga Sekitar Nusantara Kesulitan Air Bersih, Terpaksa Beli dari Depo

“Meskipun persaingan kedepannya akan semakin menantang, PNM akan terus melakukan diversifikasi pembiayaan melalui pemberian modal bukan hanya finansial tetapi juga intelektual dan sosial,” kata Sunar.

Sunar juga mengajak seluruh pihak untuk melakukan kolaborasi aktif dalam menyajikan literasi dan inklusi keuangan bagi pelaku UMKM khususnya ultra mikro Indonesia.

BERITA TERKAIT

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul 'HUT ke-79 RI Gaungkan Nusantara Baru, PNM Berpeluang Bantu Pemerataan Ekonomi di Kaltim'

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas