Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pabrik Sudah Tutup, Gudang Sepatu Bata di Purwakarta Terbakar Hebat Gara-gara Karyawan Bakar Ilalang

Cuaca panas membuat api dari pembakaran ilalang dengan cepat membesar dan menjalar serta menyambar salah satu gudang, Senin siang.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pabrik Sudah Tutup, Gudang Sepatu Bata di Purwakarta Terbakar Hebat Gara-gara Karyawan Bakar Ilalang
Tribun Jabar/Deanza Falevi
Gudang pabrik Sepatu Bata di Jalan Raya Cibebing, Desa Cibening, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terbakar hebat, Senin (19/8/2024) siang. 

TRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA - Gudang pabrik Sepatu Bata di Jalan Raya Cibebing, Desa Cibening, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terbakar hebat, Senin (19/8/2024) siang, gara-gara karyawan membakar ilalang di belakang pabrik.

Cuaca panas membuat api dari pembakaran ilalang dengan cepat membesar dan menjalar serta menyambar salah satu gudang dan menghanguskan material di dalam gudang.

Bahan-bahan mudah terbakar di dalam gudang membuat api makin membesar tak terkendali.

"Awalnya dari pembakaran rumput di area dalam, sepertinya menjalar. Sebelum kejadian jam 12.00 WIB, api masih kecil. Kami sebelumnya juga sudah meminta kepada pembakar untuk hati-hati, takutnya api besar," ungkap Bayu Wijaya, satpam PT Sepatu Bata Tbk, Senin sore, 19 Agustus 2024.

Bayu menambahkan, setengah jam kemudian saat jam makan siang, asap terlihat makin tebal.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Purwakarta mengerahkan tiga unit mobil pemadam untuk memadamkan api.

Petugas sempat kesulitan mencapai sumber api. Bersama polisi dan warga, petugas pemadam terpaksa membobol bagian kipas blower untuk bisa masuk ke dalam gudang.

BERITA TERKAIT

Api berhasil dikendalikan setelah satu jam upaya pemadaman.

Komandan Pos Pemadam Kebakaran Cikopo, Iman Rustiman mengatakan, truk Damkar sempat terhalang macet di jalanan saat menuju lokasi kebakaran.

"Pertama macet di perjalanan, kedua kami kesulitan masuk ke areal karena asap. Untuk mencari celah masuk ke areal kita bobol blower menggunakan kampak dan palu untuk memadamkan api di dalam gudang," ujarnya.

Tidak ada korban luka atau jiwa dalam peristiwa kebaka ran ini. Pabrik Sepatu Bata Tbk di Purwakarta sudah tidak beroperasi setelah dinyatakan tutup beberapa waktu lalu.

Kasus kebakaran tersebut kini ditangani oleh Satreskrim Polres Purwakarta dan Polsek Bungursari Purwakarta.

Sepatu Bata merupakan pemain lama di industri alas kaki nasional. Perusahaan ini berdiri di Indonesia tahun 1931 dengan status awal sebagai perusahaan importir sepatu.

Baca juga: Apindo Ungkap Penyebab Utama Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup

Perusahaan kemudian membuat manufaktur sepatu secara lokal mulai 1940 dengan mendirikan pabrik di Kalibata, Jakarta Selatan.

Pada 24 Maret 1982 perusahaan go public dengan menjual sebagian sahamnya di di Bursa Efek Jakarta.

Perusahaan kemudian mendirikan pabrik di Purwakarta tahun 1994 dan disusul tahun 2004 perusahaan mendapatkan izin mengimpor dan mendistribusikan barang impor.

Mei 20224 pabrik Sepatu Bata dinyatakan tutup.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas