Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dukung UMKM Naik Kelas, GoFood dan Fotolicious Makeover 100 UMKM Kuliner di Surabaya

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan, GoFood berkolaborasi dengan Fotolicious untuk memberikan makeover kepada 100 UMKM di Surabaya.

Penulis: Yosephin Pasaribu
Editor: Content Writer
zoom-in Dukung UMKM Naik Kelas, GoFood dan Fotolicious Makeover 100 UMKM Kuliner di Surabaya
Istimewa
Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan, GoFood berkolaborasi dengan Fotolicious untuk memberikan makeover kepada 100 UMKM di Surabaya. 

TRIBUNNEWS.COM - UMKM adalah pilar pembangun perekonomian bangsa. Berperan penting sebagai sarana pemerataan ekonomi dan peningkat taraf hidup rakyat kecil, UMKM menyumbang 60 persen pendapatan tahunan negara. Pada tahun 2024, jumlah UMKM di Indonesia mencapai angka sebanyak 65 juta dan menyerap lebih dari 97 persen tenaga kerja Indonesia.

Guna mewujudkan Indonesia emas, diperlukan pula UMKM untuk naik kelas. Faktanya, proses pengembangan UMKM lokal untuk memiliki daya saing ini bukanlah sebuah pekerjaan satu pihak saja. Dibutuhkan kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk memberi nilai tambah kepada UMKM lokal agar dapat berkontribusi pada ekonomi yang mensejahterakan.

Salah satu contoh bentuk kolaborasi yang memberikan nilai tambah kepada UMKM lokal datang dari GoFood. Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan, GoFood berkolaborasi dengan Fotolicious untuk memberikan makeover kepada 100 UMKM di Surabaya. Fotolicious sendiri adalah seorang fotografer yang dikenal karena konten branding UMKM yang dilakukan secara rutin dan cuma-cuma.




Pada video makeover tersebut, Fotolicious terlihat memasangkan banner baru, memberikan sticker, dan memotret berbagai produk yang akan memperindah tampilan menu UMKM di aplikasi GoFood. Pembaruan yang dibawa oleh Fotolicious dan GoFood melalui kegiatan makeover ini sontak memantik berbagai respon positif.

"Mantap koh cakep-cakep Koh... Maju & sukses terus semangat terus untuk berbagi berbagi kebaikannya dan maju terus UMKM Indonesia merdeka," tulis rahmanhakim6179.

"Semoga tambah sukses dan tambah bermanfaat Ko #orangbaik," tulis Fied79.

Fotolicious mengaku bahwa Ia mengapresiasi kehadiran GoFood dalam membawa perkembangan bagi UMKM Indonesia dan menyambut baik ajakan kolaborasi ini.

BERITA TERKAIT

"Selama ini soalnya saya lihat sendiri cara-cara Gojek dan GoFood yang udah konsisten berjuang untuk mendukung UMKM Indonesia buat terus maju, Sesederhana bikin usaha mereka bisa diakses dan dipesan dengan mudah sama jutaan orang, tanpa harus dateng ke resto sudah sangat berarti bagi mereka. Tapi ternyata keseriusan GoFood dalam berjuang untuk UMKM Indonesia lebih besar dari itu," ujar Lukman atau yang lebih akrab dikenal sebagai Fotolicious.

Pada akhir video, Fotolicious juga mengajak warganet untuk sama-sama berjuang untuk Indonesia, menandakan bahwa perjuangan untuk bangsa bisa dimulai dari mengapresiasi dan membeli UMKM terdekat.

Selain kolaborasi tersebut, keseriusan GoFood untuk memajukan UMKM juga telah dijalankan secara konsisten. Salah satunya terlihat dari beragam inisiatif di Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) sejak 2019.

Komunitas yang didirikan sebagai ajang networking dan sharing ilmu itu memiliki program jitu yang membantu para mitra usaha untuk mengembangkan bisnisnya, antara lain:

  • Webinar dan Podcast NGOPI (Ngobrol Pintar): kegiatan berbagi ilmu secara online antar Mitra Usaha GoFood.
  • KOMPAG Kopdar: pertemuan ratusan Mitra Usaha GoFood dengan manajemen GoFood secara tatap muka.
  • Pojok Belajar: sesi berbagi ilmu dan pengalaman secara tatap muka langsung dan lebih intensif antar Mitra Usaha GoFood.
  • Facebook Page serta WhatsApp Group KOMPAG.

Bagi para Mitra Usaha GoFood yang ingin bergabung ke Facebook Page KOMPAG, bisa melalui link berikut: gjk.id/gabungkompag.

Baca juga: Dorong Pertumbuhan UMKM Kuliner, GoFood Konsisten Hadirkan 3 Program Andalan Ini Melalui KOMPAG!

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas