Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

AirAsia Tambah Rute Internasional Baru, Kota Kinabalu Sabah-Manado Sulut, Terbang 3 Kali Seminggu

Maskapai berbiaya hemat Air Asia kembali menambah rute internasional terbarunya.

Penulis: Dewi Agustina
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in AirAsia Tambah Rute Internasional Baru, Kota Kinabalu Sabah-Manado Sulut, Terbang 3 Kali Seminggu
ist
Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia kembali menambah rute internasional terbarunya. Kali ini rute menghubungkan Sabah, Malaysia melalui penerbangan langsung dari Kota Kinabalu menuju Manado yang diresmikan, Minggu (1/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dewi Agustina

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia kembali menambah rute internasional terbarunya.

Kali ini rute menghubungkan Sabah, Malaysia melalui penerbangan langsung dari Kota Kinabalu menuju Manado yang diresmikan, Minggu (1/9/2024).




Jadwal penerbangan dari Kota Kinabalu (BKI) ke Manado (MDC) yakni tiga kali seminggu, Senin, Jumat dan Minggu.

Penerbangan yang dioperasikan oleh AirAsia Malaysia (kode penerbangan AK) ini menjadi rute ketiga setelah Jakarta dan Denpasar yang telah dioperasikan oleh Indonesia AirAsia (kode penerbangan QZ).

"Dengan penambahan rute ini, kami sebagai grup berharap dapat mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di kedua kota, serta memberikan kontribusi positif bagi hubungan Indonesia dan Malaysia," kata Zamani Mohd Rafique, Director, Government Relations and ASEAN Affairs of AirAsia Malaysia dalam keterangannya.

Menurut Zamani, rute ini juga sekaligus memperkuat jaringan internasional AirAsia dari Kota Kinabalu yang akan mengoperasikan total 13 rute internasional dengan 83 penerbangan mingguan mulai September 2024.

BERITA TERKAIT

Dia menambahkan, pembukaan rute baru ini menegaskan komitmen AirAsia untuk menyediakan lebih banyak pilihan perjalanan baik domestik maupun internasional yang terjangkau dan mudah diakses oleh wisatawan.

Setelah keberhasilan rute Jakarta - Kota Kinabalu dengan tingkat keterisian mencapai 87 persen sejak Februari lalu, menyusul Denpasar - Kota Kinabalu dengan 92% pada penerbangan perdananya.

"Kami optimis bahwa rute ini akan mengulangi kesuksesan tersebut," ujar dia.

Penerbangan perdana AirAsia dengan nomor penerbangan AK 1797 dari Kota Kinabalu International Airport (BKI), mendarat dengan sempurna di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Sulawesi Utara (MDC), Minggu (1/9/2024) pukul 11.00 WITA.

Penerbangan perdana ini membawa 101 penumpang yang disambut dengan water salute.

"Peluncuran penerbangan AirAsia rute Kota Kinabalu - Manado adalah pencapaian yang signifikan bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi di Sulawesi Utara," kata Steve Kepel, Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara mewakili Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Gubernur Sulawesi Utara pada kesempatan tersebut.

"Kami menyambut baik adanya konektivitas baru ini yang akan meningkatkan arus wisatawan dan investasi ke daerah kami. Semoga penerbangan ini dapat mempererat hubungan antara Sulawesi Utara dan Malaysia serta membuka peluang baru bagi kemajuan bersama,” ujarnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas