Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bantu UMKM Melek Finansial, KB Bank Beri Literasi Keuangan untuk UMKM di Kabupaten Bekasi

Guna memerangi minimnya literasi keuangan pelaku UMKM, KB Bank menggelar program literasi keuangan untuk UMKM di Kabupaten Bekasi pada Sabtu (7/9).

zoom-in Bantu UMKM Melek Finansial, KB Bank Beri Literasi Keuangan untuk UMKM di Kabupaten Bekasi
Istimewa
KB Bank menggelar acara bertema “Community Development, Meningkatkan Literasi Keuangan dan Pemberdayaan UMKM” pada Sabtu (7/9/2024) di Perpustakaan Multikultural, Desa Muktiwari, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

TRIBUNNEWS.COM – Peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bagi perekonomian negara sangatlah menonjol. Hal ini dapat terlihat dari kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang disebut-sebut menjadi salah satu penyumbang terbesar.

Oleh karena itu, mengawal keberlangsungan UMKM menjadi tanggung jawab bersama yang harus senantiasa dijaga. Di saat yang sama, minimnya literasi keuangan masih menjadi tantangan yang harus diatasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah tak mungkin berjalan sendiri, perlu adanya partisipasi dari institusi keuangan dan masyarakat untuk mengedukasi dan mendukung pengembangan UMKM.




Guna memerangi minimnya literasi keuangan pelaku UMKM, KB Bank menggelar acara bertema “Community Development, Meningkatkan Literasi Keuangan dan Pemberdayaan UMKM” pada Sabtu (7/9/2024) di Perpustakaan Multikultural, Desa Muktiwari, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

Acara ini menjadi langkah KB Bank dalam memperkuat komitmennya untuk meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat Indonesia khususnya pelaku UMKM. 

Bekerjasama dengan Sekolah Tinggi PPM School of Management dan Yayasan Gugah Nurani Indonesia, KB Bank menjangkau pelaku UMKM yang berlokasi di sekitar Kecamatan Cibitung.

“Kami percaya UMKM memiliki peran penting dalam peningkatan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, pelaku UMKM perlu memiliki literasi keuangan yang lebih baik sehingga mampu mengambil keputusan keuangan yang tepat,” tutur Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong.

BERITA TERKAIT

“Kami (KB Bank) pun akan terus berinovasi dan meningkatkan program-program edukasi keuangan agar lebih banyak lagi masyarakat indonesia yang dapat merasakan manfaatnya,” lanjutnya.

KB Bank berharap kegiatan ini dapat turut berkontribusi untuk membangun ekosistem UMKM yang lebih kuat dan berkelanjutan di Indonesia, sejalan dengan misi mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: KB Bank Luncurkan Kartu Debit KBstar, Bertransaksi Makin Mudah dan Fleksibel!

Adapun melalui program literasi keuangan ini, KB Bank ingin memberikan pemahaman yang lebih baik terkait pengelolaan keuangan. Dengan begitu, pelaku UMKM dapat lebih siap menghadapi tantangan, memanfaatkan peluang, dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

Mendukung tujuannya tersebut, KB Bank memaparkan sejumlah materi terkait literasi keuangan, mulai dari Pelatihan Keuangan, Pelatihan Digital Marketing, hingga Pendanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku UMKM yang memerlukan modal lebih dalam mengembangkan usahanya.

Untuk diketahui, agenda ini menjadi bagian dari upaya KB Bank untuk mendukung program Literasi Keuangan yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Ke depannya, KB Bank berkomitmen memberikan kontribusi positif lebih banyak lagi dalam menciptakan komunitas UMKM yang lebih melek finansial dan berdaya saing tinggi melalui rangkaian program edukasi keuangan yang sudah menjadi komitmen Perseroan.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas