Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Heboh Program Susu Gratis Prabowo Pakai Susu Ikan, Badan Gizi Nasional Membantah

Masyarakat dikejutkan oleh kabar menghebohkan bahwa program susu gratis pemerintahan Prabowo-Gibran akan mengganti susu sapi dengan susu ikan. 

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Heboh Program Susu Gratis Prabowo Pakai Susu Ikan, Badan Gizi Nasional Membantah
Tribunnews.com Bogor
kepala Badan Gizi Nasional Prof. Dadan Hindayana. 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belakangan masyarakat dikejutkan oleh kabar menghebohkan bahwa program susu gratis pemerintahan Prabowo-Gibran akan mengganti susu sapi dengan susu ikan




Program susu gratis program kampanye Prabowo-Gibran semasa Pilpres tersebut akan mulai digulirkan di Oktober 2024 segera setelah Prabowo Subianto dan Gibran dilantik jadi Presiden dan Wakil Presiden RI.

Susu ikan kemudian viral dan jadi perbincangan warganet sejak Senin (9/9/2024) awal pekan ini.

Benarkah progtam ini akan seperti itu?  Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana menyatakan, pihaknya belum merencanakan penggunaan susu ikan sebagai alternatif program makan bergizi dan susu gratis pemerintahan Prabowo Subianto.

"Enggak kita belum ke arah situ," kata Dadan kepada wartawan di kompleks Parlemen, dikutip Rabu (11/9/2024).

BERITA TERKAIT

Dadan mengeklaim belum mengetahui perihal alternatif program susu gratis itu. Meskipun demikian Badan Gizi Nasional menerima masukan atau usulan dari berbagai pihak untuk mendukung program unggulan Prabowo Subianto.

"Semua yang baik pasti akan kita akomodir," jelasnya.

Mengutip Kompas, kabar penggunaan susu ikan sebagai sumber alternatif untuk program minum susu gratis ini berasal dari Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia atau ID Food Sis Apik Wijayanto.

Apik mengatakan, pihaknya mulai mengkaji pengadaan susu ikan sebagai sumber alternatif program minum susu gratis apabila susu sapi tidak dapat memenuhi kebutuhan program.

Pasalnya, pembangunan peternakan sapi perah mega farm membutuhkan waktu 2-3 tahun sedangkan program ini akan mulai dijalankan pada 2 Januari 2025.

Baca juga: Program Makan Siang dan Susu Gratis Prabowo-Gibran Ternyata Duitnya dari APBN

"Yang diusulkan maunya pengadaan awalnya maksimalkan ke peternak lokal di seluruh Indonesia. Tapi jika tidak mungkin, ada produk alternatif yang bisa dilakukan sebagai pengganti susu sapi misal dari ikan, ini pernah diusulkan beberapa tokoh masyarakat tapi ini masih belum," ujar Sis Apik di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Lantas apakah sebenarnya susu ikan itu? 

Susu ikan menggunakan bahan dasar ikan. Ikan dipilih sebagai alternatif karena sumber daya alam akan produk tersebut amat melimpah di Indonesia.

Ikan dianggap dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan susu dalam program makan siang gratis bagi anak sekolah dan ibu hamil.

Baca juga: Mengenal Susu Ikan, Minuman Viral di Program Makan Gratis Prabowo, Alternatif Susu Sapi

Dengan teknologi pemprosesan yang canggih, daging ikan segar diubah menjadi bubuk asam amino melalui proses hidrolisat protein ikan.

Susu ikan kabatnya akan diproduksi oleh Berikan Protein Initiative di pabrik yang terletak di Desa Kertawinangun, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas