Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menparekraf Ingin Program Desa Wisata Berlanjut, Meski Ganti Pemerintahan

diharapkan program desa wisata akan berlanjut meski pemerintahan akan berganti pada akhir Oktober 2024 mendatang.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Sanusi
zoom-in Menparekraf Ingin Program Desa Wisata Berlanjut, Meski Ganti Pemerintahan
HO
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong adanya kolaborasi pentahelix dalam mengembangkan desa wisata agar kegiatan Kampanye Sadar Wisata 5.0 dapat berkelanjutan.

Sandiaga menyampaikan forum tersebut, merupakan upaya menjalin kolaborasi. Selain itu, diharapkan program desa wisata akan berlanjut meski pemerintahan akan berganti pada akhir Oktober 2024 mendatang.




"Sehingga bukan hanya program berhenti, ganti pemerintahan ganti kebijakan, ganti menteri ganti priority. Saya ingin agar ada keberlanjutan, dan siapa yang memegang keberlanjutan itu? Tentu adalah para pentahelix, karena mungkin menterinya berganti, mungkin deputinya berganti tapi bapak/ibu sekalian kalau bersatu padu tidak akan tergantikan, karena semuanya memiliki aspek keberlanjutan," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (11/9/2024).

Baca juga: Sandiaga Uno Soal Merger AP I dan AP II: Pelayanan Bandara Harus Semakin Lebih Baik

Hal tersebut dikatakan Sandiaga, dalam acara Peluncuran Buku Kampanye Sadar Wisata 5.0 Tahun 2024 pada Forum Pentahelix dengan Desa Wisata, di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta.

Forum Pentahelix yang melibatkan perwakilan berbagai stakeholder kepariwisataan dan desa wisata binaan ini sebagai tanda terlaksananya seluruh tahapan kegiatan Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0 tahun 2024.

Acara ini bertujuan membuka peluang bermitra, memperkuat kolaborasi pentahelix, dan memastikan adanya langkah konkret dalam mendukung keberlanjutan dampak KSW 5.0 di desa-desa wisata.

BERITA TERKAIT

Sandiaga menyampaikan bahwa desa wisata menjadi keunggulan dari pariwisata Indonesia, karena menonjolkan kekayaan alam, budaya, dan kearifan lokal. Oleh karena itu, peningkatan SDM di desa wisata sangat penting.

Sebab SDM pelaku pariwisata memegang peran kunci dalam pengembangan desa wisata. Sandiaga menekankan pentingnya upskilling, reskilling, dan new skilling, dalam peningkatan SDM di desa wisata.

"Ada keterbatasan pembiayaan pasti, ada keterbatasan infrastruktur, tapi kalau kita bersama dengan semangat gotong-royong kolaborasi pentahelix, kami yakin kunci keberhasilan pengembangan desa wisata ada di tangan bapak/ibu sekalian," kata Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan KSW 5.0 merupakan program konkret yang diharapkan tidak hanya meningkatkan kunjungan tapi juga penjualan produk-produk wisata dan ekonomi kreatif di desa wisata.

“Sehingga kesejahteraan masyarakat di desa-desa wisata semakin baik, juga aspek kualitas dan keberlanjutannya terjaga. Ini yang kami titipkan tadi ke 10 desa wisata dan ada tiga desa wisata terbaik KSW 5.0, yaitu dari Bantul dari Kelurahan Jagalan, juga dari Desa Wisata Sanankerto, dan Desa Ranu Pani,” kata Sandiaga.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Harap Promosi Desa Wisata Bantu Genjot Ekonomi dan Perluas Lapangan Kerja

Pada periode 2024, KSW 5.0 telah disesuaikan dengan lebih efektif dan tepat sasaran kepada desa yang telah mengikuti tahap sosialisasi di tahun 2023. KSW 5.0 tahun 2024 mencakup 5 tahapan yakni FGD analisis kebutuhan pelatihan, pelatihan, pendampingan, penilaian dampak, dan forum pentahelix.

Pada tahun 2024 ini telah terpilih 10 desa wisata, yaitu Desa Taman Martani, Kabupaten Sleman; Desa Jagalan, Kabupaten Bantul; Desa Lumban Bulbul, Kabupaten Toba; Desa Ranu Pani, Kabupaten Lumajang; Desa Sanankerto, Kabupaten Malang; Desa Bon Jeruk, Kabupaten Lombok Tengah; Desa Mertak, Kabupaten Lombok Tengah; Desa Buwun Sejati, Kabupaten Lombok Barat; Desa Komodo, Kabupaten Manggarai Barat; dan Desa Sombu, Kabupaten Wakatobi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas