Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Masuk Bursa Calon Menkeu Era Presiden Prabowo Subianto, Ini Respons Budi Gunadi Sadikin

Budi Gunadi Sadikin merespons terkait adanya isu dirinya bakal kembali menjabat sebagai Menteri di kabinet pemerintahan Prabowo

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in Masuk Bursa Calon Menkeu Era Presiden Prabowo Subianto, Ini Respons Budi Gunadi Sadikin
Istimewa
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin merespons terkait adanya isu dirinya bakal kembali menjabat sebagai Menteri di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto pada 2024-2029.

Kabarnya, Budi termasuk dalam kandidat atau bursa Menteri Keuangan (Menkeu) menggantikan Sri Mulyani.

Budi mengungkapkan, kabar tersebut hanyalah isu belaka. Ia pun mengaku belum mengetahui formasi Menteri di masa pemerintahan selanjutnya.

Baca juga: Menkeu Paparkan Program Prioritas Prabowo-Gibran Masuk APBN 2025 Selain Makan Bergizi Gratis

"Itu kan kata situ (hanya isu beredar). Yang tahu (formasi Menteri) Pak Prabowo," ucapnya saat menghadiri peluncuran buku biografi berjudul Authorized Biography Sri Mulyani Indrawati NO LIMITS "Reformasi Dengan Hati" di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2024) malam.

Budi melanjutkan, dirinya mengaku telah bertemu dengan Prabowo dan melakukan pembicaraan.

Namun, topik pembicaraan yang mereka lakukan hanya sebatas pekerjaan sebagai sesama Menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo.

BERITA TERKAIT

Ia pun menekankan bahwa penunjukan Menteri merupakan wewenang Presiden.

"Kita sama-sama temen di kabinet jadi pasti (berkomunikasi). Itu (pemilihan Menteri) yang menentukan Pak Prabowo," pungkasnya.

Sebagai informasi, sejumlah nama disebut muncul sebagai opsi untuk mengisi jabatan Menteri Keuangan pada Kabinet Pemerintahan 2024-2029.

Baca juga: Komisi X DPR Menolak Usul Menkeu Ingin Tinjau Mandatory Spending 20 Persen Dana Pendidikan

Sejumlah sumber, menyebut setidaknya ada lima nama yang berpeluang menjadi menteri keuangan tapi kali ini tidak ada nama Sri Mulyani, Menkeu saat ini.

Selain Budi Gunadi Sadikin, terdapat 3 nama lainnya. Yakni seperti Kartika Wirjoatmodjo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kemudian ada pula Mahendra Siregar, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia periode 2022-2027.

Dan terakhir, Royke Tumilaar yakni Direktur Utama Bank Negara Indonesia yang masuk bursa calon Menteri Keuangan atau Menkeu Prabowo Subianto.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas