Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menparekraf Ajak Masyarakat Pakai Produk Kreatif dan Halal

Potensi ini didukung dengan populasi muslim dunia yang jumlahnya mencapai 1,8 miliar jiwa dan diperkirakan akan terus bertambah.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Menparekraf Ajak Masyarakat Pakai Produk Kreatif dan Halal
istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI Sandiaga Uno saat perayaan Milad ke-12 tahun HNI di SICC Sentul Bogor pada Minggu (22/09/2024). 

 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, data State of the Global Islamic Economy Report tahun 2023 menunjukkan bahwa masyarakat Muslim menghabiskan sekitar 2,2 triliun dolar AS untuk konsumsi produk halal.

 Angka tersebut diprediksi akan meningkat menjadi 2,4 triliun dolar AS pada tahun 2024.

Potensi ini didukung dengan populasi muslim dunia yang jumlahnya mencapai 1,8 miliar jiwa dan diperkirakan akan terus bertambah.

Baca juga: Inovasi Perawatan Kulit Halal dengan Bahan-bahan Alami Berbasis Herbal dan Sunah

"Karena itu, pesatnya pertumbuhan penduduk muslim harus diikuti dengan produk-produk berbasis syariah, berbasis halal, yang bisa berdampak positif bagi perkembangan ekonomi umat di Indonesia," ujar Sandiaga dalam Milad ke-12 Halal Network Internasional (HNI) di Sentul International Convention Center, Bogor, Minggu (22/9/2024).

Ia mengapresiasi HNI sebagai salah satu perusahaan produsen produk halal turut meningkatkan konsumsi dalam negeri, mulai dari pasta gigi, kopi, teh, madu, hingga sanitary pads.

BERITA TERKAIT

"Menariknya konsep ini berawal dari produk-produknya yang merupakan hasil kreasi dari mitra-mitranya itu diproduksi dalam skala yang besar dengan prinsip kemitraan. Jadi ini adalah ekonomi penuh keadilan, ekonomi syariah. Saya melihat bahwa ada pemberdayaannya dan ada kesempatannya menjadikan kita tuan rumah menjadi negeri sendiri,” ujar Sandiaga.

Ditambahkan Direktur Utama HNI Agung Yulianto, pihaknya meneguhkan komitmen untuk terus memproduksi produk halal dan berkualitas untuk kesehatan masyarakat Indonesia, mendukung kemandirian ekonomi, dan selalu mengajak untuk berkontribusi kepada sesama, salah satunya kepedulian kepada Bangsa Palestina.

“Kami hadirkan untuk mengembangkan kreativitas generasi muda Indonesia, dan kami yakin semakin banyak generasi muda Indonesia yang akan memberikan Inspirasi bagi Negeri kita tercinta,” kata Agung.

Sementara itu Koh Dennis Lim, salah satu Influencer bagi generasi muda Indonesia, sependapat dengan Agung Yulianto. Dia mengajak Gen-Z untuk turut aktif menjadi pelopor gelombang kebaikan generasi muda Indonesia, hingga membentuk pondasi yang kokoh bagi kebangkitan bangsa Indonesia di masa depan.

Kegiatan juga dimeriahkan oleh beberapa artis dan tokoh nasional, seperti Band Ungu, Ustadz Salim A Fillah, Ari Untung, Narji, Edcoustic, Arinaga Family, Sound of GK, Maidany.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas