Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Arsjad-Anindya Akhirnya Capai Kesepakatan, Munas Kadin Digelar Setelah Pelantikan Presiden Terpilih

Anindya Bakrie dan Arsjad Rasjid akhirnya telah menemui kesepakatan, terkait polemik di tubuh organisasi Kadin

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in Arsjad-Anindya Akhirnya Capai Kesepakatan, Munas Kadin Digelar Setelah Pelantikan Presiden Terpilih
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN)?Arsjad?Rasjid?bersama sejumlah perwakilan KADIN Provinsi memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Minggu (15/9/2024). Dalam keterangannya, Arsjad Rasjid menilai penyelenggaraan?Musyarawah Nasional Luar Biasa (Munaslub) KADIN yang mengangkat Anindya Bakrie sebagai Kwtua Umum adalah ilegal dikarenakan kegiatan Munaslub itu tak sesuai dengan AD/ART KADIN dan Arsjad Rasjid pun akan menempuh jalur hukum untuk mengembalikan KADIN sesuai dengan koridor AD/ART yang telah ditetapkan.?TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anindya Bakrie dan Arsjad Rasjid akhirnya telah menemui kesepakatan, terkait polemik di tubuh organisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Diketahui, 'ribut-ribut' yang terjadi di Kadin ini pasca terselenggaranya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin Indonesia yang digelar Sabtu (14/9/2024), dan menetapkan Anindya Bakrie sebagai ketua umum (Ketum) Kadin Indonesia.

Dalam unggahan video, Arsjad mengungkapkan, kesepakatan ini muncul setelah menemui Anindya Bakrie di kediaman Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang juga sekaligus Ketum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia.

Baca juga: Pemerintah dan Kadin Hasil Munaslub Akan Bersinergi Bangun Peta Jalan Indonesia Emas 2045

"Beberapa hari terakhir, saya mendapat banyak pertanyaan. Dari internal Kadin, dari media, dan juga warganet, tentang solusi atas dinamika Kadin," ucap Arsjad dalam video yang beredar, dikutip Senin (30/9/2024).

"Terutama terkait solusi yang saya dan Mas Anin sepakati dalam pertemuan bersama Pak Bahlil. Agar tak ada lagi kebingungan di pemangku kepentingan Kadin dan masyarakat. Izinkan saya meluruskan dan menyampaikan hasil pertemuan tersebut," sambungnya.

Dalam pertemuan tersebut, dirinya duduk bersama dengan Anindya dan Bahlil.

BERITA REKOMENDASI

Ia mengaku telah saling mendengarkan, dan diskusi. Dan pada akhirnya telah mencapai sebuah kesepakatan yang dituangkan secara tertulis dan ditandatangani di atas materai oleh semua pihak.

Adapun, kesepakatan tersebut yakni akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional Kadin setelah pergantian Pemerintahan Joko Widodo ke Prabowo Subianto.

"Kami sepakat untuk mengadakan musyawarah nasional Kadin setelah pelantikan presiden terpilih. Adapun waktu dan tempat menyesuaikan dengan keputusan pemerintah," ungkap Arsjad.

Baca juga: Penyelenggara Munaslub Kadin Tanggapi Pertemuan Anindya dengan Arsjad Rasjid yang Digagas Bahlil

Dirinya juga mengatakan, pihaknya bersama Anin juga sepakat bahwa Kepanitiaan Musyawarah Nasional akan dibentuk sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia yang dipersiapkan bersama-sama dengan melibatkan kedua belah pihak.

Dengan demikian, sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat, pergantian kepengurusan akan terjadi setelah ada pelaksanaan dan keputusan Munas.

"Kami setuju untuk menghormati solusi yang telah disepakati," papar Arsjad.

"Mari kita kembali fokus pada tujuan utama Kadin Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan demi cita-cita Indonesia emas 2045. Untuk satu Kadin, satu Indonesia, dan satu masa depan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia," pungkasnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas