Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

CIMB Niaga Kontribusi Jaga Lingkungan Lewat The Cooler Earth Sustainability Series 2024

Penyelenggaraan sebagai bentuk dukungan program net zero emmision yang kini tengah dijalankan pemerintah.  

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in CIMB Niaga Kontribusi Jaga Lingkungan Lewat The Cooler Earth Sustainability Series 2024
Dennis Destriyawan/Tribunnews.com
CIMB Niaga Saat Konferensi Pers di Media Gathering TCE Sustainability Series 2024 di Jakarta, Rabu (2/10/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- PT Bank CIMB Niaga Tbk mengadakan The Cooler Earth (TCE) Sustainability Series 2024 sebagai bentuk kontribusi untuk mendorong praktek bisnis yang sesuai dengan prinsip lingkungan.

Sejak awal 2024 CIMB Niaga juga telah mengadakan TCE Sustainability Series di 17 kota di Indonesia, termasuk Jakarta. Diharapkan dapat merangkul lebih banyak kalangan seperti media, nasabah, karyawan, pelajar, komunitas, dan masyarakat dalam mewujudkan bumi yang lestari.

Baca juga: Sinergi BRI dan PELNI Hadirkan Fitur Reservasi dan Payment Point Tiket Kapal Laut Lewat AgenBRILink

Acara diselenggarakan di Graha CIMB Niaga dan Energy Building Jakarta selama 2-4 Oktober 2024. Penyelenggaraan sebagai bentuk dukungan program net zero emmision yang kini tengah dijalankan pemerintah.  

Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menerangkan, penerapan sustainability dapat diterapkan melalui digitalisasi, menggunakan solar panel sebagai sumber listrik, dan menerapkan waste management.

"Konsistensi CIMB Niaga dalam mendorong praktek bisnis yang sesuai prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST) tercermin dari penyaluran pembiayaan berkelanjutan," ujar Fransiska saat Media Gathering TCE Sustainability Series 2024 di Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Dia memaparkan, 26 persen dari total pembiayaan Bank atau setara dengan Rp 56,4 triliun disalurkan untuk mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).

BERITA REKOMENDASI

Hal tersebut, kata Fransiska, bukti komitmen CIMB Niaga untuk tidak sekadar mengejar profit, namun juga berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan dan bumi untuk generasi mendatang. CIMB Niaga sebagai bank yang berkomitmen dan aktif dalam mengimplementasikan sustainability, menyelenggarakan rangkaian acara tersebut.

"Sebagai inisiatif untuk mengajak masyarakat luas dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan," terang Fransiska.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Luncurkan Kartu Kredit Mandiri MyPertamina Card Khusus Bagi Pecinta Otomotif

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi berujar, CIMB Niaga juga menyediakan berbagai produk bertema sustainability, baik di segmen Consumer Banking maupun Business Banking, di antaranya Kartu Kredit Digital OCTO Card yang merupakan kartu kredit tanpa kartu fisik.

Program lainnya adalah One House One Tree yang mengalokasikan donasi 1 pohon setiap pembelian 1 unit rumah. Adapun di segmen Business Banking yaitu pembiayaan sustainability linked-loan (SLL) atau sustainable finance (SF) serta Giro Kartini, produk giro khusus bagi para pengusaha wanita.

Dalam rangkaian acara TCE Sustainability Series, CIMB Niaga juga mengadakan Experiential Learning berkolaborasi dengan Liberty Society yang mengajak peserta untuk mengolah limbah menjadi karya seni lukisan yang menarik.

Acara juga diramaikan dengan Exhibition yang menampilkan milestone sustainability CIMB Niaga, lelang gadget, pameran produk-produk sustainability dari merchant seperti Ivan Gunawan (showcase), KAMI, Jarit Tenun, Six Scents, serta para pemenang Community Link CIMB Niaga seperti Dit Reveille, Arthup, Sinergi Mahakarya, Mariqi Cake and Snack, Bolubbollo, Sendana Coffee, Lestallalfe, dan Istana Madu Balikpapan.

Tahun ini TCE Sustainability Series dirancang dalam format berbeda dan menghadirkan beragam kegiatan, mulai dari Exhibition, Media Gathering, serta Experiential Learning dengan mengusung semangat #SekarangUntukMasaDepan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas