Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Hadirkan Beragam Solusi, Ini Sumbangsih BRI untuk Dukung UMKM Naik Kelas

BRI hadir dengan solusi konkret melalui sejumlah program yang dirancang khusus untuk memperkuat dan memberdayakan UMKM.

Editor: Content Writer
zoom-in Hadirkan Beragam Solusi, Ini Sumbangsih BRI untuk Dukung UMKM Naik Kelas
dok. BRI
Dalam publikasi yang dirilis BRI, Indeks Bisnis UMKM pada Triwulan II 2024 tercatat di level 109,9, atau meningkat dari 102,9 pada kuartal sebelumnya. 

TRIBUNNEWS.COM - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Komitmen tersebut diwujudkan lewat sederet program unggulan yang diamini mampu meningkatkan pertumbuhan dan daya saing UMKM di Indonesia. Tentunya, hal ini dapat memberikan kontribusi positif pada perekonomian nasional, salah satunya lewat penyerapan tenaga kerja lokal.

Namun, seringkali UMKM menghadapi berbagai tantangan, mulai dari akses pembiayaan, pemasaran, hingga keterbatasan dalam pemanfaatan teknologi.

Melihat adanya tantangan tersebut, BRI hadir dengan solusi konkret melalui sejumlah program yang dirancang khusus untuk memperkuat dan memberdayakan UMKM.

Program BRI untuk pemberdayaan UMKM

Dalam menjalankan setiap programnya, BRI kerap melakukan pelatihan berupa transfer ilmu dan keterampilan guna meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam mengambil keputusan hingga mengelola sumber daya yang dimiliki.

Berikut ini merupakan beberapa program BRI yang dihadirkan untuk pengembangan dan pemberdayaan UMKM.

Baca juga: Sukses Kembangkan Usaha, Cerita Pengusaha Jambu di Kudus Manfaatkan Pemberdayaan BRI

BERITA REKOMENDASI

Desa BRILiaN

Program Desa BRILian hadir untuk memperkuat desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Program ini memfasilitasi pelatihan, pendampingan, dan dukungan finansial bagi masyarakat desa yang ingin mengembangkan usaha mereka. 

Dalam pelaksanaannya, Desa BRILian mengembangkan 4 aspek sebagai kunci sukses indikator pemberdayaan, yaitu keberlanjutan, digitalisasi, inovasi, dan optimalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sejak digaungkan mulai tahun 2020, kini program Desa Brilian telah diikuti 3.178 desa yang beranjak tumbuh menjadi desa sejahtera. Hal itu ditandai dengan meningkatnya ekonomi masyarakat melalui inklusi dan literasi keuangan masyarakat.

Pengusaha Muda BRILiaN

Program Pengusaha Muda BRILian memiliki tujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda sekaligus mendorong pertumbuhan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di kancah lokal maupun global.

Adapun, acara ini berisikan serangkaian program intensif yang ditujukan untuk mengakselerasi bisnis para pengusaha muda Indonesia dengan bidang usaha meliputi food & beverages, fesyen, dan handicraft.

Halaman
123

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas