Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ada Pelantikan Prabowo-Gibran di DPR RI, Tarif LRT Jabodebek Hanya Rp1

KAI juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan KUE atau KMT demi mempercepat proses pembayaran dan mengurangi waktu tunggu di pintu masuk stasiun. 

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Ada Pelantikan Prabowo-Gibran di DPR RI, Tarif LRT Jabodebek Hanya Rp1
Instagram/@lrt_jabodebek
Tarif LRT Jabodebek hanya Rp 1 untuk seluruh perjalanan LRT Jabodebek pada Minggu (20/10/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia melalui layanan LRT Jabodebek menerapkan tarif sebesar Rp 1 untuk seluruh perjalanan LRT Jabodebek pada Minggu (20/10/2024).

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, hal itu dilakukan sebagai dukungan kepada pemerintah dan apresiasi masyarakat, terlebih untuk mendukung pelaksanaan Pesta Rakyat Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Mahendro bilang, KAI berupaya memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Adapun untuk menggunakan layanan ini, terdapat ketentuan saldo minimum bagi pengguna Kartu Multi Trip (KMT) dan Kartu Uang Elektronik (KUE) sebesar Rp 1.000 dan saldo minimum LinkAja sebesar Rp 20.000. Perlu diperhatikan, setiap kartu KMT dan KUE hanya dapat digunakan oleh satu pengguna,” ujar Mahendro dalam keterangannya, Sabtu (19/10/2024).

Baca juga: 20 Pemimpin Dunia Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Bagaimana Saat Pelantikan Jokowi-Maruf?

Mahendro mengatakan, KAI juga akan menambah jumlah perjalanan LRT Jabodebek dari 260 menjadi 364 perjalanan pada 20 Oktober. Langkah ini diambil guna menjaga kenyamanan dan kelancaran mobilitas masyarakat.

“Kami berharap kebijakan tarif spesial ini serta berbagai imbauan lain dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam mengikuti Pesta Rakyat, sekaligus mendorong lebih banyak orang untuk beralih ke transportasi publik yang lebih efisien dan ramah lingkungan,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI

KAI juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan KUE atau KMT demi mempercepat proses pembayaran dan mengurangi waktu tunggu di pintu masuk stasiun. 

Metode pembayaran ini membantu mengurangi kepadatan dan memberikan efisiensi di tengah volume pengguna yang diprediksi akan meningkat signifikan.

Selain itu, masyarakat diingatkan untuk menjaga barang-barang pribadi, terutama di area yang ramai, serta selalu memperhatikan anak-anak. 

Pengguna diharapkan mengutamakan pengguna prioritas seperti lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas, dan pengguna yang membawa balita. Tidak lupa, menjaga kebersihan lingkungan stasiun dan kereta juga diimbau demi kenyamanan bersama.

KAI juga mendorong pengguna untuk membawa tumbler atau botol minum pribadi. Sebagai bentuk layanan tambahan, seluruh stasiun LRT Jabodebek telah menyediakan water station gratis yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. 


Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas