Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

SKK Migas Temukan Sumber Gas di Desa Bengku Jambi Sebesar 9,45 Juta MMSCFD

Sebelumnya terdapat penemuan minyak di Banyu Lencir, Muara Enim Sumatera Selatan, pada 14 Oktober 2024.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in SKK Migas Temukan Sumber Gas di Desa Bengku Jambi Sebesar 9,45 Juta MMSCFD
HO
Ilustrasi. Temuan hindrokarbon berupa gas melalui kegiatan re-entry eksplorasi dan pengetasan ulang uji lapisan di sumur eksplorasi Bungin-1 di Desa Bengku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menemukan cadangan gas bumi di wilayah Jambi.

Melalui Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Jindi South Jambi B, SKK mengungkapkan, temuan hindrokarbon berupa gas melalui kegiatan re-entry eksplorasi dan pengetasan ulang uji lapisan di sumur eksplorasi Bungin-1 di Desa Bengku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi.

Re-entry eksplorasi sumur Bungin-1 dilakukan untuk menguji dan mengevaluasi kembali dalam jangka waktu panjang (pro long test) kandungan hidrokarbon.

Baca juga: Praktisi: Cadangan Migas Baru Bisa Bantu Ekonomi Tumbuh 8 Persen Sesuai Target Prabowo-Gibran

Kepala Divisi Pengeboran dan Sumuran Surya Widyantoro mengatakan, Sumur Bungin-1 (re-entry) pertama kali ditajak pada tahun 1980 oleh Chevron Pacific Indonesia dan Gulf Oil Internasional, dengan kedalaman akhir di 10.337 ftMD.

Re-entry dilanjutkan oleh KKKS Jindi South Jambi, kemudian saat ini dilanjutkan dengan kegiatan pengetesan ulang uji lapisan di sumur eksplorasi tersebut dengan menggunakan Surface Well Test dan Slickline.

"Sebelum dilakukan testing, Sumur Bungin-1 dilakukan buka sumbat semen dan uji integrity sumur dengan Rig Bohai#25 (750 HP) selama 63 hari," ungkap Surya dalam keterangannya, Rabu (23/10/2024).

BERITA REKOMENDASI

Ia melanjutkan, berdasarkan hasil pengetasan ulang uji lapisan, sumur Bungin-1 (re- entry) mengalirkan gas sebesar 9.45 juta kaki kubik gas per hari (MMSCFD) pada bukaan choke 48/64 inci.

Status per 18 Oktober 2024, SKK Migas dan KKKS Jindi South Jambi B masih melakukan kegiatan pada sumur dengan melakukan Pressure Build-Up Test, atau pengujian tekanan pada sumur.

Sementara, Kepala Divisi Program dan Komunikasi, Hudi D. Suyodipuro mengatakan temuan gas ini merupakan discovery kedua yang terjadi di Sumatera Bagian Selatan.

Setelah sebelumnya terdapat penemuan minyak di Banyu Lencir, Muara Enim Sumatera Selatan, pada 14 Oktober 2024.

"Ekplorasi terus dilakukan secara agresif agar ketahanan energi bisa tercapai, SKK Migas juga terus mendorong agar monetisasi proyek-proyek yang telah dan akan berjalan dapat segera terwujud," ucap Hudi.


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas