Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Wamen Nezar Patria Sebut Komdigi Bentuk Komitmen Presiden Prabowo Percepat Transformasi Digital

Keberadaan data yang akurat dengan digitalisasi akan menjadikan pemberian bantuan sosial lebih tepat sasaran.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Wamen Nezar Patria Sebut Komdigi Bentuk Komitmen Presiden Prabowo Percepat Transformasi Digital
dok. Kemenkominfo
Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Komdigi) Nezar Patria. Keberadaan data yang akurat dengan digitalisasi akan menjadikan pemberian bantuan sosial lebih tepat sasaran. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pembentukan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) merupakan komitmen Pemerintahan Prabowo Subianto untuk mempercepat tranformasi digital nasional.

Wakil Menteri Komdigi Nezar Patria mengungkapkan, perubahan nama Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadi Kementerian Komunikasi dan Digital menunjukkan perhatian atas digitalisasi di Indonesia.

"Perubahan nama ini mengisyaratkan ada political will yang cukup besar dari Kabinet Merah Putih untuk mempercepat transformasi digital sehingga digital menjadi tema yang penting di dalam kementerian ini," ucap Nezar dalam keterangannya, dikutip Rabu (23/10/2024).

Dirinya mengungkapkan salah satu fokus Kementerian Komdigi untuk memastikan setiap kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah memiliki Computer Security Incident Response Team (CSIRT) yang mampu menjaga sistem digital dari serangan siber.

Baca juga: Sosok Aktivis 98 Dilantik Jadi Wamen di Kabinet Merah Putih, Nezar Patria hingga Fahri Hamzah

Kementerian Komdigi juga terus melakukan pembangunan infrastruktur digital dan meningkatkan pemanfaatan konektivitas digital untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi 8 persen.

"Bagaimana kita bisa mengejar pertumbuhan ekonomi delapan persen itu? Dengan memaksimalkan ekosistem digital yang terbentuk untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

BERITA REKOMENDASI

Dalam keterangan yang sama, Wakil Menteri Komdigi Angga Raka Prabowo menekankan pentingnya digitalisasi pemerintahan sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Menurutnya, keberadaan data yang akurat dengan digitalisasi akan kpemberian bantuan sosial lebih tepat sasaran.

"Jaminannya biar masyarakat mendapatkan manfaat langsung dan tepat sasaran itu dengan digitalisasi, makanya kita mendorong digitalisasi di pemerintahan ini terwujud agar datanya benar, orangnya by name by address tepat, sesuai dengan apa yang disasar oleh pemerintah," jelasnya.

Wamen Angga menyatakan bersama Wamen Nezar Patria dan Menteri Meutya Hafid akan saling bekerja sama mewujudkan target pemerintahan Presiden Prabowo Subianto untuk memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

"Kita saling bekerja sama, yang penting semua target terwujud. Intinya kita kan bagaimana masyarakat dengan kehadiran negara itu dapat merasakan manfaat semaksimal-maksimalnya," pungkasnya. 


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas