Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Anak Usaha Merdeka Copper Gold Bidik Produksi Emas-Perak 120 Ribu Ounces di Tahun Ini

BSI merupakan operator Tambang Emas Tujuh Bukit berdasarkan Izin Usaha Pertambangan Operasi dan Produksi yang dimiliki sejak 2012.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Anak Usaha Merdeka Copper Gold Bidik Produksi Emas-Perak 120 Ribu Ounces di Tahun Ini
Endrapta Pramudiaz/Tribunnews.com
Tambang Emas Tujuh Bukit yang dioperasikan anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, PT Bumi Suksesindo (BSI), di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, BANYUWANGI - PT Bumi Suksesindo (BSI), anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold, Tbk (IDX: MDKA), menargetkan produksi emas dan perak pada tahun ini sebanyak 100.000 hingga 120.000 ounces.

BSI merupakan operator Tambang Emas Tujuh Bukit berdasarkan Izin Usaha Pertambangan Operasi dan Produksi yang dimiliki sejak 2012.

BSI memiliki izin untuk lahan seluas 4.998 hektare di area hutan produksi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Baca juga: Paus Fransiskus: Kekayaan Indonesia Bukan Tambang Emas Terbesar Tapi Kerukunan

Saat ini, hanya 993 hektare dari 4.998 hektare yang digunakan BSI untuk operasi tambang.

BSI merupakan tambang terbuka yang menggali bijih mineral dan mengektraksi kandungan emas dan perak dengan metode pelindian yang efisien.

BERITA REKOMENDASI

Sebagai satu-satunya perusahaan tambang mineral di Jawa Timur, BSI berkomitmen menerapkan Good Mining Practice (GMP) atau Kaidah Pertambangan yang Baik di dalam operasinya.

Komitmen BSI mencakup pemeliharaan lingkungan hidup, kesehatan dan keselamatan kerja, ketaatan terhadap standar ketenagakerjaan, dan penghormatan hak asasi manusia.

Lalu, BSI juga berkomitmen dalam pelibatan dan pengembangan masyarakat, rantai pasokan yang bertanggung jawab, dan pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik.

Hal itu telah diakui oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan memberikan empat penghargaan sekaligus kepada BSI.

Yakni, penghargaan Utama untuk kategori pengelolaan teknis pertambangan mineral dan batubara, penghargaan Pratama untuk kategori pengelolaan keselamatan pertambangan mineral dan batubara dan Aditama, sekaligus Terbaik untuk kategori pengelolaan lingkungan hidup pertambangan mineral dan batubara.

Baca juga: Proyek Tambang Emas Garapan Anak Usaha INDY Berlanjut, Mulai Berproduksi Tahun 2026


Pencapaian ini tak lepas dari kerjasama antara perusahaan dam pemerintah untuk menciptakan perusahaan tambang yang berkelanjutan.

Presiden Direktur PT BSI Adi Adriansyah Sjoekri menyebut penghargaan ini menunjukkan kepada publik mengenai keseriusan PT BSI dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik (good mining practices) dalam operasinya di Banyuwangi.

"Sebagai bagian dari PT Merdeka Copper Gold Tbk, PT BSI terus berupaya mengelola tambang dengan standar kepatuhan yang tinggi agar bisa memberi kontribusi optimal bagi para pemangku kepentingan," kata Adi dalam keterangan tertulis, Jumat (25/10/2024).

Adi mengatakan, prestasi ini akan memotivasi PT BSI untuk terus meningkatkan pengelolaan pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas