Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ibadah Haji 2020

Beredar Video Haji Tahun Ini Ditunda Dipastikan Hoax, Arab Saudi Belum Putuskan Apapun  

Redaksi tribunnews.com, memastikan video tersebut hoax. Ditelusuri pada Selasa (24/3/2020) terdapat ketidaksamaan antara pernyataan yang tayang

Beredar Video Haji Tahun Ini Ditunda Dipastikan Hoax, Arab Saudi Belum Putuskan Apapun   
ISTIMEWA
Ilustrasi ibadah haji. 

TRIBUNNEWS.COM – Ramai beredar kabar lewat media sosial youtube dan facebook dengan keterangan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menunda atau membatalkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Redaksi tribunnews.com, memastikan video tersebut hoax. Ditelusuri pada Selasa (24/3/2020) terdapat ketidaksamaan antara pernyataan yang tayang di video tersebut tidak sama dengan keterangan atau caption video.

Dalam pernyataan tersebut dinyatakan dengan tegas bahwa hingga saat ini Pemerintah Arab Saudi belum mengambil keputusan apapun soal pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 sambil menunggu perkembangan Covid-19 atau Virus Corona.

Sementara yang beredar di media sosial di chanel youtube diberi keterangan “Haji kemungkinan akan ditidakan tahun ini; Pemerintah Saudi”.

Di akun facebook atas nama Wan Sarbini Wan Mohamad juga salah mengartikan video pendek berbahasa Arab tersebut.

Di akunnya dia memberi keterangan “Pemerintah Arab Saudi telah mengkonfirmasi Haji tahun ini ditiadakan dan pemerintah meminta kepada semua perusahaan agar tidak melakukan kesepakatan untuk pembayaran hotel, transportasi dan tiket.

Haji Hoax
Haji tahun ini ditiadakan dipastikan hoax

Persiapan Haji di Indonesia

Kementerian Agama RI memastikan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1441 H/2020 M terus berjalan. Bahkan mulai hari ini, pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) juga sudah dibuka hingga 17 April.

"Persiapan haji terus berjalan, baik di dalam negari maupun proses pengadaan layanan di Arab Saudi," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali saat dikonfirmasi, Kamis (19/3/2020).

Nizar mengakui adanya surat dari Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi yang ditujukan ke Menteri Agama RI Fachrul Razi.

Halaman
12
Penulis: Husein Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas