Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Masyarakat Respon Positif Langkah KLHK Sosialisasi Cuci Tangan dan Penyemprotan Disinfektan

Mereka melakukan sosialisasi mencuci tangan dengan benar, membagikan sabun, dan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi di Jakarta dan Serpong

Masyarakat Respon Positif Langkah KLHK Sosialisasi Cuci Tangan dan Penyemprotan Disinfektan
Ist
KLHK Sosialisasi cegah Covid 19 dengan cuci tangan dan bagikan sabun 

TRIBUNNEWS.COM Jakarta - Masyarakat Jakarta dan Tangerang Selatan sangat antusias dengan langkah nyata yang dilakukan Ditjen Pengendalian Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan (PPKL-KLHK) selama sepekan sejak Sabtu (28/3) hingga Kamis (2/4).

Mereka melakukan sosialisasi mencuci tangan dengan benar, membagikan sabun, dan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi di Jakarta dan Serpong,  Tangerang Selatan,baik pasar, pemukiman, fasilitas umum, dan juga rumah ibadah.

“Selama kegiatan berlangsung terlihat sambutan masyarakat yang luar biasa, tampak kesan seolah-olah mereka merasa ‘aman’ dan ‘nyaman’ setelah pemukiman maupun pasar yg mereka tempati (bagi para pedagang) disemprot dengan disinfektan. Kesan ini jelas terlihat saat kami berada di Pemukiman Sunter, Jakarta Utara  dan Pasar Pramuka Jakarta Pusat,” ujar Dirjen PPKL KLHK, RM Karliansyah dalam keterangan tertulis yang disampaikan ke media, Kamis (2/4) sore.

Selain di kawasan pemukiman  Sunter dan Pasar Pramuka lanjut Karliansyah, respon positif masyarakat juga diperlihatkan di tempat lain yang dikunjungi tim Ditjen PPKL KLHK. Apalagi sambutan pedagang di pasar, luar biasa.

Baca: WHO: Jumlah Kasus Virus Corona Bisa Capai 1 Juta Selama Beberapa Hari Kedepan

“Hal ini pulalah yang membuat kami menambah  jadwal satu hari untuk memenuhi permintaan masyarakat agar pemukiman, rumah ibadah dan juga pasar sekitarnya disemprot disinfektan,” tambah Karliansyah.

Sebagai informasi, di hari pertama Sabtu 928/3), kegiatan ini dilakukan di empat lokasi, yaitu: Jagakarsa, Jakarta Selatan; Pasar Rebo, Jakarta Timur; dan Serpong, Tangerang Selatan (2 lokasi). Kegiatan yang sama dilanjutkan Minggu (29/3), di pasar-pasar tradisional di wilayah Jakarta.

Kemudian sosialisasi dilanjutkan di sejumlah tempat pada Senin hingga Kamis kemarin. Kegiatan terakhir pada Kamis dilakukan di dua tempat yakni Pasar Santa Kebayoran Baru, dan Rawamangun, Jakarta Timur.

 Lebih lanjut Dirjen Karliansyah menjelaskan, apa yang dilakukan selama sepekan ini dalam rangka antisipasi dan mengurangi meluasnya penyebaran Covid-19, KLHK bekerjasama dengan Komunitas Ciliwung dan didukung sejumlah pihak, secara terus menerus melakukan pembagian sabun cuci tangan disertai pamflet tata cara cuci tangan yang benar dan masker kepada masyarakat.

Kegiatan yang semula direncanakan selama 5 hari bertambah menjadi 6 hari karena adanya permintaan tambahan penyemprotan disinfektan di beberapa pemukiman masyarakat.

”Kami apresiasi karena kesadaran masyarakat makin tinggi untuk mencegah wabah virus ini,” katanya.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas