Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

60 Personel Polri Bakal Kawal Pemakaman Jenazah Korban Covid-19

Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 60 personel untuk tim khusus pengamanan prosesi pemakaman jenazah korban covid-19.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Dewi Agustina
zoom-in 60 Personel Polri Bakal Kawal Pemakaman Jenazah Korban Covid-19
TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Mobil jenazah antre untuk memakamkan jenazah dengan SOP Covid-19 di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (5/4/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 60 personel untuk tim khusus pengamanan prosesi pemakaman jenazah korban virus Corona atau Covid-19.

Menurut Yusri, tim tersebut masing-masing akan dibagi menjadi dua regu. Di antaranya, 30 personel yang menjaga di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur Jakarta Barat dan 30 personel di TPU Pondok Rangon Jakarta Timur.

"Jumlah personel seluruhnya ada 60 dibagi 2 masing-masing 30 orang untuk pengamanan di TPU Tegal Alur Jakarta Barat dan TPU Pondok Rangon Jakarta Timur," kata Yusri kepada awak media, Senin (6/4/2020).

Dari 30 orang yang berjaga di masing-masing TPU, nantinya akan ada 4 orang yang akan membantu pemakaman apabila diperlukan oleh petugas makam.

Sisanya, akan menghalau keluarga korban yang mencoba melakukan penolakan pemakaman.

"Disiapkan 4 orang yang gunakan APD yang bertugas membantu pemakaman bila diperlukan oleh pihak makam. Dan 26 orang pengamanan di luar untuk mengimbau dan menghalau masyarakat atau keluarga jenazah yangg melakukan penolakan pemakaman," ujar dia.

BERITA TERKAIT

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menuturkan, Polda Metro Jaya telah membentuk tim khusus untuk mengawal prosesi pemakaman jenazah korban virus Corona atau Covid-19.

Baca: Suhu Badan Terus Naik, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson Dilarikan ke Rumah Sakit

Tim khusus ini beranggotakan personel Ditsamapta Polda Metro Jaya, yang telah mendapat pelatihan untuk bertugas.

Tim ini kata Yusri dibentuk dalam rangka mengantipasi penolakan warga ataa pemakaman korban Covid 19 dan mengantisipasi keluarga korban yang ingin memaksakan diri mengikuti proses pemakaman sehingga berpotensi tertular.

"Tim khusus ini terdiri dari anggota pengamanan dan anggota yang siap membantu proses pemakamanan. Mereka dilengkapi alat pelindung diri yang memadai saat bertugas," kata Yusri, Minggu (5/4/2020).

Sasaran tempat pemakaman tim ini katanya adalah di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat dan TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.

"Mulai hari kami sudah jalankan untuk pelaksanaan patroli dan membantu pemakaman jenasah korban Covid-19. Ini sebagai bentuk dan menunjukkan kesiapan Polri dalam mengantisipasi hal tidak diinginkan di kedua TPU tersebut," papar Yusri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas