Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PSI Dukung Penggunaan Taman Makam Pahlawan untuk Tenaga Medis Gugur dalam Wabah Corona

Bukan hanya mengapresiasi, PSI juga mendorong Presiden Jokowi untuk menyetujui gagasan tersebut.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in PSI Dukung Penggunaan Taman Makam Pahlawan untuk Tenaga Medis Gugur dalam Wabah Corona
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Sejumlah petugas memakamkan jenazah pasien positif Covid-19 dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap dan menggunakan alat berat di TPU Keputih, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/4/2020). Dari data yang dirilis Gugus Tugas Covid-19 Kota Surabaya per Jumat (17/4) pukul 04.00 WIB, pasien positif terpapar Covid-19 sebanyak 246 orang dengan korban meninggal sebanyak 24 orang dan pasien sembuh sebanyak 43 orang. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung gagasan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang menyiapkan taman makam pahlawan (TMP) untuk petugas medis yang gugur dalam penanganan wabah Corona.

“Itu gagasan yang patut diapresiasi. Karena mereka adalah garda terdepan perjuangan kita melawan Corona. Mereka betul-betul mempertaruhkan nyawa,” kata Juru Bicara PSI, Dara Nasution, dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/4/2020).

Di sisi lain, menurut Dara, para tenaga medis tetap harus dibekali dengan perlengkapan kesehatan yang layak.

Dara menambahkan, "Ibarat pasukan yang berjuang di garis terdepan, tentu para tenaga medis juga harus dilengkapi dengan 'perlengkapan perang' yang mumpuni, seperti Alat Pelindung Diri (APD lengkap), tempat istirahat yang nyaman, juga makanan dan vitamin yang cukup."

Bukan hanya mengapresiasi, PSI juga mendorong Presiden Jokowi untuk menyetujui gagasan tersebut.

“Kita tahu ada sejumlah kriteria seseorang bisa dimakamkan di TMP Kalibata, provinsi, atau Kabupaten. Pak Jokowi melakukan diskresi atau bisa mendorong Kementerian Sosial membuat kriteria baru soal ini,” kata Dara.

Soal diskresi, pernah dipakai saat helikopter milik TNI AD mengalami kecelakaan di Poso, Sulawesi Tengah, pada 2016.

BERITA REKOMENDASI

Saat ittu, seluruh prajurit yang gugur dalam kecelakaan tersebut dimakamkan di TMP Kalibata.

Baca: Di New York, Ada 26 WNI Positif Covid-19, Enam Diantaranya Meninggal Dunia

Sementara, di level daerah, PSI mendorong seluruh kepala daerah untuk meniru gagasan Ganjar.

“Ini adalah rasa terima kasih kita untuk para pahlawan tersebut. Tanpa mereka, akan jauh lebih banyak korban yang jatuh akibat Corona,” kata Dara.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyiapkan Taman Makam Pahlawan milik pemerintah provinsi sebagai tempat pemakaman bagi perawat, dokter, dan tenaga medis yang gugur saat menangani pasien Covid-19.

"Saya sudah perintahkan Dinsos dan Kesra untuk mempersiapkan ini. Satu soal tempatnya. Kedua soal administrasi agar penempatan seseorang di Taman Makam Pahlawan sesuai," kata Ganjar, beberapa hari lalu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas