Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3 Orang Tertular di Dalam Sel, Total Tahanan Rutan Kejaksaan Negeri Jaksel Terpapar Covid-19 Jadi 11

Belum diketahui siapa dan di mana di antara ketiga tahanan itu pernah kontak atau berinteraksi dengan orang yang positif corona.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Dewi Agustina
zoom-in 3 Orang Tertular di Dalam Sel, Total Tahanan Rutan Kejaksaan Negeri Jaksel Terpapar Covid-19 Jadi 11
Istimewa
Sebanyak 19 narapidana otak kerusuhan di Lapas Tuminting dipindahkan dari Rudenim Manado ke Pulau Nusa Kambangan dengan menggunakan fasilitas Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Manado, Kamis (16/4/2020). Foto para napi tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah tahanan di Rutan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Sebagian dari mereka tertular dalam satu sel tahanan.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Andhi Ardhani mengatakan, setidaknya ada tiga tahanan yang positif Covid-19 karena pernah menghuni di kamar sel yang sama.

"Pernah satu kamar tapi akhirnya pisah sebelum kejadian," kata Andhi saat dihubungi, Minggu (19/4/2020).

Menurut Andhi, ketiga tahanan itu masih berstatus menjalani proses penyidikan dan persidangan kasus masing-masing. Ketiganya berusia sekitar 40 tahun.

Namun, belum diketahui siapa dan di mana di antara ketiga tahanan itu pernah kontak atau berinteraksi dengan orang yang positif corona.

Baca: Jepang Terancam Gelombang Infeksi Virus Corona, Ambulans Ditolak 80 Rumah Sakit

Ia menjelaskan, kasus positif corona tahanan ini diketahui setelah seorang dari tiga tahanan mengeluh badan lemas dan linu di sekujur badan.

Akhirnya, tahanan itu dirawat di RS Adhyaksa, Jakarta Timur.

BERITA TERKAIT

Setelah dilakukan tes cepat atau rapid test Covid-19, tahanan tersebut dinyatakan positif.

Hasil pemeriksaan swab juga menunjukkan hasil serupa hingga akhirnya tahanan itu dipindahkan ke rumah sakit rujukan Covid-19.

Selanjutnya, petugas melakukan tes swab terhadap dua tahanan yang menghuni satu sel dengan tahanan tersebut. Dan hasilnya, kedua tahanan itu juga positif Covid-19.

Andhi menambahkan, pihaknya telah menerapkan protokoler kesehatan Covid-19 untuk para tahanan.

"Sudah kami jalankan protap Covid-19, yang sakit dipisah, yang sehat masih di sel rutan dan diterapkan karantina mandiri sesuai dengan protokol pemerintah," ujarnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Anang Supriatna menyampaikan, total ada 11 tahanan di Rutan Kejari Jaksel yang positif terjangkit virus corona.

Empat tahanan di antaranya adalah tahanan titipan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta yang sedang proses tuntutan di pengadilan.

Baca: Dragan Djukanovic Jaga Motivasi Pemain PSIS Semarang di Tengah Wabah Corona

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas