Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota DPR Ajak Masyarakat Patuhi Aturan dan Desak Pemerintah Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Demi memutus rantai penyebaran virus, Ace menilai masyarakat harus mematuhi aturan yang diterapkan pemerintah.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Anggota DPR Ajak Masyarakat Patuhi Aturan dan Desak Pemerintah Penuhi Kebutuhan Masyarakat
Chaerul Umam
Ace Hasan Syadzily 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Golkar Ace Hasan Syadzily mengajak semua pihak bergotong royong di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Demi memutus rantai penyebaran virus, Ace menilai masyarakat harus mematuhi aturan yang diterapkan pemerintah.

Namun pemerintah juga harus memenuhi kebutuhan warga.

"Saya kira masyarakat harus disiplin untuk bekerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah sebagai upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ujar Ace, ketika dihubungi Tribunnews.com, Jumat (24/4/2020).

Baca: Resmi Ditutup, Penumpang Penerbangan Komersil yang Sudah Punya Tiket Bisa Lakukan Refund,Ini Caranya

"Sementara Pemerintah, baik pusat maupun daerah, harus segera memenuhi kebutuhan dasar warga masyarakat yang terkena dampak sosial ekonomi dari Covid-19," imbuhnya.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI tersebut menilai pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak perlu mendapatkan dukungan sepenuhnya dari seluruh masyarakat.

Menurutnya hal itu harus dilakukan dari komunitas terkecil di masyarakat secara bergotong royong, seperti di RT atau kampung-kampung.

Baca: Pelarangan Mudik: Bus AKAP Masih Terlihat Berkeliaran di Terminal Ini

BERITA TERKAIT

"Kita harus menghidupkan kembali semangat gotong royong dan solidaritas sosial melalui komunitas warga pada lingkungan terkecil di masyarakat, untuk saling membantu jika ada di antara warga yang kekurangan kebutuhan pokok," jelasnya.

Ace menyebut gotong royong dapat mencegah terjadinya konflik di masyarakat. Apalagi saat ini Covid-19 memberi dampak nyata terhadap kehidupan warga seperti banyak warga yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan.

Ia meyakini kemungkinan potensi adanya konflik sosial dalam masyarakat dapat diantisipasi dengan sebaik-baiknya melalui gotong royong.

"Saya sangat percaya, pada dasarnya masyarakat Indonesia memiliki daya tahan modal sosial yang tinggi di saat menghadapi tekanan sosial ekonomi akibat berbagai masalah yang kita hadapi saat ini. Kita harus optimis bahwa kita mampu menghadapi Covid-19 dengan modal sosial yang kuat dalam masyarakat kita," pungkas Ace.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas